6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Ilustrasi beraktivitas di bulan puasa
Sumber :
  • Shutterstock

Jakarta – Bulan Ramadan bukan berarti anda harus berhenti berolahraga. Olahraga saat puasa tetap aman dilakukan, asalkan anda memilih jenis olahraga yang tepat dan memperhatikan kondisi tubuh.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Berolah raga saat puasa dapat memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan stamina, menjaga kesehatan tubuh dan membantu mengontrol berat badan.

Berikut 6 olahraga aman saat puasa Ramadan

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

1. Jalan Kaki

Ilustrasi Olahraga

Photo :
  • Canva
5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Jalan kaki merupakan pilihan olahraga ringan yang mudah dilakukan dan aman sat puasa. Aktivitas ini membantu meningkatkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan jantung, dan membakar kalori. Lakukan jalan kaki selama 30-45 menit, baik sebelum sahur atau setelah buka puasa.

2. Yoga

Ilustrasi olahraga

Photo :
  • istimewa

Yoga bukan hanya melatih fisik, tetapi juga mental dan spiritual. Gerakan yoga yang terfokus pada pernapasan dan peregangan membantu meningkatkan fleksibilitas, kekuatan dan keseimbangan tubuh. Pilihlah kelas yoga dengan intensitas ringan atau sedang dan hindari gerakan yang terlalu membebani tubuh.

3. Squat dan Push-up

Push up

Photo :
  • inmagine.com

Kedua olahraga ini dapat dilakukan di mana saja dan tanpa alat. Lakukan squat dan push up sebanyak 10-15 kali dalam 3 set. Olahraga ini bermanfaat untuk melatih kekuatan otot paha, dada, dan lengan.

4. Bersepeda Santai

Ilustrasi olahraga bersepeda di masa pandemi

Photo :
  • vstory

Bersepedah santai di sore hari menjelang buka puasa bisa menjadi pilihan olahraga yang menyenangkan. Pilihlah rute yang datar dan tidak terlalu jauh untuk menghindari kelelahan. Pastikan anda minum air putih yang cukup saat sahur atau buka puasa.

5. Latihan Beban Ringan

Area Gym Kapal Pesiar Princess Cruises

Photo :
  • Viva.co.id/Bimo Aria

Latihan beban ringan dengan menggunakan dumbbell atau bodyweight dapat membantu menjaga massa otot selama puasa. Lakukan latihan dengan intensitas 8-12 repitisi per set dan fokuslah pada latihan otot utama seperti dada, punggung dan kaki.

6. Tai Chi

Meditasi.

Photo :
  • http://www.indotopinfo.com/manfaat-meditasi-untuk-kesehatan.htm

Tai Chi adalah olahraga bela diri Tiongkok yang terkenal dengan gerakannya yang lambat dan menenangkan. Tai Chi membantu meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan kekuatan otot. Olahraga ini aman dilakukan saat puasa karena tidak memerlukan banyak energi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya