Pelabuhan Sekelas Priok di Timur Indonesia?

Pelabuhan Bastiong, Ternate
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Pemerintah akan bangun pelabuhan baru sekelas pelabuhan Tanjung Priok di wilayah Timur dan Barat Indonesia. Pembangunan tempat bersandarnya kapal berstandar internasional ini akan dimulai setelah 2025.
 
Menurut Menko Perekonomian Hatta Rajasa, pelabuhan tersebut diperlukan agar operasional bongkar muat dalam rangka ekspor dan impor makin efisien.
 
"Tadi kita sepakat akan melakukan pembangunan pelabuhan baru ke arah Timur Indonesia," kata Hatta di Kantor Menko Perekonomian, Rabu 11 Agustus 2010.
 
RJ Lino, direktur utama PT Pelindo mengatakan bahwa pembangunan di Bagian Timur Indonesia itu adalah wilayah Sorong, sedangkan wilayah Barat Indonesia di Dumai.
 
"Itu perlu untuk menjadi port besar dan antisipasi hubungan ekonomi antardaerah yang terus meluas," kata Lino.
 
Dia mengakui, pembangunan pelabuhan baru tersebut disepakati akan dilakukan setelah tahun 2025. "Belum diputuskan semuanya, tetapi rencana pembangunan pelabuhan baru ini mulai disiapkan dari sekarang," ujarnya. Persiapan yang dimaksud yakni untuk pengadaan lahan.
 
Lino menambahkan, standar internasional saat ini adalah pelabuhan yang bisa disingahi kapal-kapal besar bermuatan 5.000 teus.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

"Per Juni lalu baru 30 persen kapal-kapal bermuatan 5000 teus ini yang bisa masuk ke Indonesia. Artinya sisanya (70 persen), lalu lalang kapal-kapal besar tidak bisa masuk," kata Lino.
 
Sementara itu, Menteri BUMN Mustafa Abubakar mengatakan persiapan pembangunan pelabuhan baru ini sepenuhnya diserahkan ke Kementerian Perhubungan.

"Kementerian Perhubungan nanti yang akan mencari lokasi pengembangan ke arah Timur," ujarnya. (hs)

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024