Euro Melemah, Rupiah Menguat Tipis

Pusat penjualan valas di Cikini
Sumber :
  • Fanny Octavianus

VIVAnews -  Penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat pagi ini tertahan melemahnya sejumlah mata uang utama dunia, terutama euro dan yen.

Dalam transaksi valuta asing di Bloomberg, Kamis 19 Agustus 2010 pukul 09.30 WIB, nilai tukar rupiah ditransaksikan pada Rp8.967 per dolar AS, menguat 1 poin dibandingkan dengan perdagangan sehari sebelumnya.

Sementara itu nilai tukar euro terhadap dolar AS pagi ini tengah melemah 0,0045 poin atau 0,35 persen ke level US$1,2808 per euro. Sedangkan pound sterling juga melemah 0,18 persen ke US$1,5566 per pound.

Di Asia, nilai tukar yen terhadap dolar AS juga tengah melemah 0,2988 poin atau 0,35 persen ke 85,7560 per dolar AS. Sedangkan dolar Singapura menguat tipis 0,0004 poin (0,03 persen) ke 1,3516 per dolar AS.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan nilai tukar rupiah akan tetap mantap dan rata-rata sepanjang 2010 diperkirakan pada kisaran Rp9.000 - 9.200 per dolar AS.

Nilai  tukar rupiah yang stabil dan cenderung menguat akhir-akhir ini didukung oleh kecenderungan melemahnya mata uang dolar AS secara global.  Kestabilan nilai tukar rupiah, menurut SBY, terutama juga karena semakin kuatnya kepercayaan pelaku pasar terhadap kinerja perekonomian dan pengelolaan ekonomi makro.

"Seiring dengan itu, penilaian berbagai lembaga pemeringkat internasional terus  membaik, dari persepsi stabil menjadi positif dan sekarang berada pada satu level di bawah peringkat investasi," kata Presiden saat menyampaikan keterangan pemerintah atas Rancangan Undang-Undang  tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2011 dan nota keuangan di Dewan Perwakilan Rakyat, Senin lalu.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Iwan Ridwan, dealer valas PT Bank CIMB Niaga Tbk mengatakan, nilai tukar rupiah saat ini dalam tren menguat. Indeks bursa Wall Street yang bergerak positif akan berimbas ke lantai bursa dalam negeri akan menjadi sentimen positif pada nilai tukar rupiah.

"Biasanya, kalau pasar saham ramai dengan aksi beli akan menjadi katalis pada penguatan rupiah," kata Iwan. (hs)

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan [dok. Kemenko Marves]

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua sekaligus anggota Dewan Sumber Daya Air Nasional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024