Bubur Kampiun Manjakan Lidah Saat Berbuka

Bubur Kampiun
Sumber :
  • http://resepmasakanlengkap.blogspot.com

VIVAnews - Bila ingin berbuka dan memanjakan lidah dengan masakan selera Minang, kawasan wisata kuliner di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat bisa menjadi alternatif. Kawasan ini dikenal sebagai salah satu favorit berbuka puasa bagi warga Jakarta. Sepanjang bioskop Grand Theater Senen, deretan pedagang nasi kapau siap menggugah selera para pengunjungnya.

Sejak dahulu, deretan pedagang ini dikenal sebagai penjaja makanan berbuka, terutama bagi pecinta masakan Padang. Menjelang masuk waktu berbuka, kawasan ini ramai dan menyebabkan lalu lintas di sekitarnya macet.

Dari sekian banyak menu di sana, Bubur kampiun adalah salah satu menu istimewa favorit pengunjung. Tak heran, setengah jam menjelang berbuka bubur kampiun sudah hampir ludes dipesan, baik untuk dinikmati di tempat maupun dibawa pulang.

Bubur terbuat dari berbagai macam campuran bubur seperti bubur candil, bubur sumsum, kolak pisang, ketan, dan kolang kaling. Lantas aneka bubur dijadikan satu dan diberi kuah santan yang dicampur gula merah. Meski terbilang cukup unik, namun kelezatan dari bubur ini sudah tidak diragukan lagi.  

Nazir (43), salah seorang pemilik warung nasi Padang di kawasan itu mengaku, menu bubur kampiun seharga Rp9.000 per porsinya kerap menjadi menu pembuka oleh pengunjung. Setelah menikmati kelezatan bubur kampiun, pengunjung biasanya mulai mencicipi aneka menu khas Minang lainnya seperti, lemang bakar, nasi kapau, tambusu, gulai ikan balado, bebek goreng cabai hijau dan masakan khas lainnya. Sajian minuman yang ditawarkan di tempat ini antara lain, es tape, dan es campur.

Dijelaskan Nazir, untuk lemang dijual antara Rp10-20 ribu tergantung dari ukuran lemangnya. Untuk gulai tunjang per porsi dijual seharga Rp 9.000. Adapun bebek goreng cabai hijau dijual seharga Rp20 ribu. Sedangkan es tape atau es campur dijual Rp8.000 per porsi. “Sejak hari pertama puasa lalu pengunjungnya lumayan cukup banyak,” ujar Nazir seperti dikutip dari Beritajakarta.

PKS Komitmen Bangun Indonesia bersama NasDem dan PKB hingga Sakaratul Maut
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Resmi, PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong Hingga 2024

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan telah sepakat dengan Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong untuk melanjutkan kontrak hingga 2027.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024