Sinabung Meletus, Jaringan Komunikasi Aman

Gunung Sinabung
Sumber :
  • travelblog.org

VIVAnews - Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara meletus dua kali, Sabtu 28 Agustus 2010 pukul 23.30 WIB dan Minggu pukul 00.00 WIB. Meski demikian, letusan tidak sampai mengganggu infrastruktur telekomunikasi di kawasan tersebut.

“Ada 42 BTS XL (2G/3G) yang melayani 200 ribu pelanggan di Kabupaten Karo,” kata Febriati Nadira, Head of Corporate Communication XL, pada keterangannya di Jakarta, 30 Agustus 2010. “Saat ini jaringan XL tetap aman dan dapat melayani pelanggan dengan normal. Tidak ada lonjakan trafik yang cukup berarti,” ucapnya.

Febriati menyebutkan, XL juga memiliki jaringan Fiber optic yang melintas melalui Tanah Karo. Dengan demikian, jaringan diharapkan dapat membantu komunikasi masyarakat walau debu Gunung Sinabung begitu pekat.

Sebagai bentuk kepedulian, bekerjasama dengan Polres setempat, tim XL Care telah membantu masyarakat di sekitar lokasi bencana dengan menyediakan kartu perdana dan Telepon Umum Gratis (TUG).

Pada kesempatan berbeda, Mirza Budiwan, Vice President Area Sumatera Telkomsel menyebutkan, dari 3600BTS yang tersebar di Sumut dan Aceh, khususnya 133 buah yang melayani kawasan Brastagi, Kabanjahe, Sidikalang, Kutacane, dan Blang Kejeren tidak ada yang mengalami gangguan.

“Untuk menjaga performa jaringan, tim Network Operation Telkomsel terus memantau perkembangan performansi Network, meski dari sisi Core Network masih tetap bisa menghandle lonjakan yang hingga kini naik hingga 30%,” ucap Mirza.

Telkomsel juga telah membuka posko pelayanan di pusat pengungsian warga di Kabanjahe, di mana masyarakat bisa menikmati layanan telepon umum gratis dan pelayanan pelanggan lain seperti air bersih, mie instan dan makanan ringan.

Telkomsel juga membagikan 1000 masker gratis kepada masyarakat terutama di lokasi pengungsian untuk mengantisipasi hujan debu yang diakibatkan letusan Gunung Sinabung.

Bus Maut di Ciater Tewaskan 11 Orang, Kemenhub: Menyedihkan, Uji KIR-nya Mati Sejak 2023

Bersama pemerintah Kabupaten Karo, PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) juga mendirikan Posko Siaga Bencana di Berastagi dan di Kantor Bupati Karo di Kabanjahe.

Penyediaan fasilitas itu, menurut Eddy Kurnia, Vice President Public and Marketing Communication Telkom, pada keterangannya, ditujukan untuk membantu mempercepat koordinasi penanggulangan bencana serta memudahkan warga, petugas satkorlak dan media massa yang butuh fasilitas telekomunikasi.

“Masyarakat bisa menghubungi hotline Posko Bencana di nomor 0628 357085 dan 0628 357087 untuk Posko di Kantor Bupati dan 0628 357089 untuk Posko Bencana di Lige (depan kantor Telkom) jika ingin mengetahui kondisi terakhir melestusnya Gunung Sinabung,” kata Eddy.

Ilustrasi seks/bercinta.

Terpopuler: 3 Posisi Seks Garang Hingga Hermes Bukan Termahal di Dunia 

Sejumlah berita di kanal Lifestyle VIVA, sukses mencuri perhatian pembaca. Satu yang tak pernah absen yaitu soal edukasi seks, di mana kali ini membahas soal posisi seks.

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024