Dana IPO Indofood CBP untuk Bayar Utang

ilustrasi investasi
Sumber :
  • Adri Prastowo

VIVAnews - PT Indofood CBP Sukses Makmur akan menggunakan dana hasil penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) untukĀ  membayar utang kepada pemegang saham PT Indofood Sukses Makmur Tbk dan perbankan.

Perseroan memiliki utang senilai Rp4,1 triliun kepada Indofood Sukses Makmur dan Rp1,1 triliun pada perbankan. "(Pembayaran utang) ada beberapa bank," kata Direktur Keuangan Indofood, Thomas Tjhie, dalam paparan publik di Jakarta, Rabu 1 September 2010.

Adapun sisa dana IPO akan digunakan untuk meningkatkan kapasitas pabrik beberapa produk seperti mi instan, susu, penyedap makanan, dan nutrisi serta makanan kaleng.

"Kapasitas noodle akan meningkat menjadi 13 persen dari sekarang," kata Sekretaris Perusahaan Indofood, Werianty Setiawan.

Saat ini, kapasitas produksi untuk mi instan mencapai 15,7 miliar bungkus per tahun. Peningkatan kapasitas tersebut dilakukan di pabrik Jakarta, Palembang, dan Semarang.

Adapun untuk peningkatan kapasitas produk susu sebanyak dua kali lipat dan terealisasi pada 2014. Sementara itu, nutrisi dan makanan kaleng peningkatan kapasitas akan terjadi pada 2013.

Indofood CBP akan melepas saham perdana melalui IPO sebanyak-banyaknya 1,16 miliar saham bernominal Rp100 per unit. Perseroan menetapkan harga penawaran pada kisaran Rp 4.300-5.500 per unit.

Jumlah penawaran itu maksimum 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan setelah IPO.

Indofood CBP merupakan gabungan empat anak usaha PT Indofood Sukses Makmur, yaitu PT Indobiskuit Mandiri Makmur, PT Ciptakemas, PT Indosentra Pelangi, dan PT Gizindo Primanusantara.

Sebelumnya, Direktur Penilaian Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia Eddy Sugito mengatakan Indofood CBP menargetkan perolehan dana melalui IPO sebesar US$400 juta.

Masa penawaran awal dilaksanakan pada 1-16 September dan tanggal efektif diperkirakan 24 September 2010. Sedangkan pencatatan di Bursa Efek Indonesia dijadwalkan pada 7 Oktober 2010.

Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi (underwriter) IPO adalah PT Kim Eng Securities, PT Credit Suisse Securities Indonesia, PT Deutsche Securities Indonesia, dan PT Mandiri Sekuritas.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024