Istana: Banjir Wasior Bencana Kabupaten

Banjir bandang di Wasior, Papua
Sumber :
  • AP Photo/Abdul Muin

VIVAnews - Pemerintah menetapkan bencana banjir bandang di Wasior, Papua Barat, masuk kategori bencana kabupaten. Status ini turun dari status sebelumnya "bencana provinsi."

"Artinya Pemerintah Kabupaten sudah mampu mengatasi," kata Staf Khusus Presiden Bidang Bencana dan Bantuan Sosial, Andi Arief, di akun Twitternya, Jumat 8 Oktober 2010 pagi.

Status "kabupaten" ini, ujar Andi, menunjukkan kemampuan atau respons pemerintahannya. Kalau pemerintah kabupaten mampu maka status kabupaten. Tapi, kata Andi, "rekostruksi tetap dibantu pusat."

Andi mencontohkan, gempa Padang 30 September 2009 lalu yang memakan korban lebih dari 1.000 orang tergolong bukan bencana nasional. "Karena fungsi Pemerintah Provinsi berjalan," ujar Andi. Kemudian tanggul Situ Gintung jebol, meski korban meninggal 90 orang, tapi fungsi pemda berjalan sehingga hanya berstatus "bencana kabupaten."

Sebelumnya, Palang Merah Indonesia melansir sampai pukul 06.15 tadi, korban jiwa mencapai 98 orang, di mana tiga di antaranya meninggal di rumah sakit. Orang hilang 76 orang dan orang luka 1.061 orang.

Empat hari lalu, Wasior dilanda banjir bandang yang datang dari arah pegunungan. Banjir bandang yang berisi material batu, lumpur dan gelondongan kayu ini menghanyutkan ratusan rumah.

Terkuak, Juru Parkir Liar Istiqlal yang Getok Tarif Rp150 Ribu Kerja Shift-Shiftan
Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana Resmikan Students Learning And Support Centre

Mercu Buana SLSC dilengkapi dengan fasilitas modern yang menyediakan akses tak terbatas bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemahiran dan kefasihan bahasa Inggris mereka.

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024