Recall 420 Unit Chery Omoda 5 di Indonesia Buntut Patahnya As Roda di Malaysia

Chery Omoda 5
Sumber :
  • Thesun

Jakarta, 13 Mei 2024 –  PT Chery Sales Indonesia (CSI) resmi mengumumkan recall atau kampanye penarikan kembali untuk model SUV Omoda 5. Penarikan kembali mobil Omoda 5 ini tak lepas dari kasus viral patahnya as roda di Malaysia belum lama ini.

Dua Mobil Listrik Zeekr Meluncur di Indonesia Pada Q4 2024

Dalam keterangan resminya, CSI mendapat hasil investigasi dari Chery Internasional perihal vendor komponen selongsong sumbu roda belakang (rear axle) yang terdampak dari pembaharuan fasilitas manufaktur di waktu tertentu.

"Berdasarkan hasil investigasi tersebut, kejadian ini sangat jarang terjadi. Namun, demi alasan keselamatan kami berhasil mengidentifikasi 420 unit Omoda 5 1.5T (Z dan RZ) yang berpotensi terdampak di Indonesia," tulis Chery Indonesia dalam keterangan resminya, Senin 13 Mei 2024.

Daftar Harga Mobil BMW Juni 2024, Mulai dari Rp800 Jutaan

Chery Omoda 5 GT resmi meluncur di Indonesia

Photo :
  • Arianti Widya

Chery meminta para pemilik Omoda 5 untuk datang ke bengkel dan melakukan pemeriksaan di diler Chery terdekat. 420 unit terdampak tersebut diidentifikasi berdasarkan nomor rangka kendaraan. 

Setiap Tahun Mitsubishi Akan Meluncurkan Mobil Baru Hybrid dan Listrik

Jika dari hasil pemeriksaan ditemukan adanya potensi dari permasalahan yang dimaksud, maka akan dilakukan pergantian suku cadang tanpa dikenakan biaya. Chery juga memastikan masalah ini tak berdampak pada produk mereka yang lain.

"Hal tersebut kami lakukan sebagai bentuk tanggung jawab untuk memastikan keamanan dan keselamatan konsumen. Kepuasan dan kepercayaan konsumen juga menjadi prioritas dari Chery. Untuk informasi lebih lanjut silahkan untuk menghubungi Chery call center di 08-001-797979," tukasnya.

Berawal Kasus di Malaysia

Recall pada Chery Omoda 5 ini tak lepas dari recall yang dilakukan pihak Chery Malaysia. Di mana ada 600 unit yang berpotensi bermasalah pada as roda mobil tersebut.

Chery sudah  mengidentifikasi masalah tersebut, dan komponen balok gardan belakang pada kendaraan yang terkena dampak akan diganti seluruhnya dan tidak diperbaiki.  

Chery Omoda 5 milik konsumen di Malaysia mengalami patah gardan.

Photo :
  • Facebook.com/snowbunnie

"Pengerjaannya akan memakan waktu sekitar dua jam. Pemilik yang terkena dampak akan segera dihubungi langsung untuk membawa mobil mereka," bunyi pernyataan Chery Malaysia, dikutip dari Paultan.

Sebelumnya viral, pengguna Facebook bernama Stephanie mengeluhkan as roda belakang mobilnya mengalami patah saat di jalan. Pemilik kendaraan mengungkapkan bahwa as roda belakang Omoda 5 patah saat dikendarai.  

Chery Omoda 5 milik konsumen di Malaysia mengalami patah gardan.

Photo :
  • Facebook.com/snowbunnie

"Saya ingin penjelasan mengapa poros belakang saya patah saat mengemudi. Tidak ada gundukan, tidak ada kecelakaan, tidak ada lubang, hanya kegagalan mendadak di tengah jalan," tulis warga Malaysia ini, dikutip VIVA Otomotif dari Paultan, Senin 29 April 2024

"Selain itu, mengapa sepertinya hanya ada 2 titik las dan tidak seluruhnya, sehingga terjadi karat menggerogoti sambungan dan menyebabkannya terlepas secara spontan?," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya