Selain Belum Uji KIR, Sasis Bus Maut yang Kecelakaan di Subang Sudah Berusia 18 Tahun

Proses evakuasi kecelakaan bus SMK Lingga Kencana Depok di Ciater, Subang
Sumber :
  • (Foto AP/Ryan Suherlan)

Jakarta, 13 Mei 2024 –  Banyak fakta baru yang terungkap pada bus pariwisata yang membawa pelajar SMK Lingga Kencana Depok dan kecelakaan di Ciater, Subang. Ternyata, bus tersebut sudah tergolong tua dan berusia 18 tahun.

VKTR Recorded IDR 29,56 Billion Net Profit in 2023

VIVA Otomotif melakukan penelusuran akan bus dengan pelat nomor AD 7524 OG di aplikasi MitraDarat dari Kementerian Perhubungan, Senin 13 Mei 2024. Terakhir bis ini melakukan uji berkala pada 6 Juni 2023 dengan nomor SRUT 551.

Kini statusnya sudah kedaluarwasa sejak 6 Desember 2023, dan lokasi pengujian Dishub Kabupaten Wonogiri. Pemilik bus pariwisata ini adalah PT Jaya Guna Hage.

Penyebab Bocah Jatuh dari JPO ke Tol Bekasi, Diduga Berburu Bus 'Telolet'

Data bus yang kecelakaan di Ciater Subang

Photo :
  • Tangkapan Layar

Disebutkan jika bus menggunakan sasis merek Hino dengan tipe AK1JRKA, yang sudah tidak diproduksi lagi. Sasis tersebut diproduksi pada tahun 2006, jika menilik pada Sertifikat Registrasi Uji Tipe atau SRUT, artinya kini sudah berusia 18 tahun.

Mulai Jual Bus Listrik ke Swasta, VKTR Genjot Perluasan Pabrik di Magelang

Jika menilik spesifikasinya, Hino AK1JRKA dibekali mesin berkode J08C-F (Euro 1), kapasitas 7.961 cc, 6 silinder segaris. Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga maksimal 210 dk pada 2.900 rpm dan torsi puncak 554 Nm pada 1.500 rpm.

Seperti diketahui, bus pariwisata yang mengangkut rombongan wisata pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) asal Depok, SMK Lingga Kencana Depok, terguling di jalan turunan di kawasan Ciater, Subang, Jawa Barat, Sabtu, 11 Mei 2024. 

Proses Evakuasi Kecelakaan Bus Siswa SMK di Subang

Photo :
  • (Foto AP/Ryan Suherlan)

Saat kondisi bus terguling, para penumpang terpental dan tergeletak di jalan. Banyak puluhan murid yang mengalami luka-luka, dan kecelakaan ini merenggut korban jiwa sebanyak 11 orang.

Sementara itu, Sadira, sopir bus itu, mengemukakan penyebab bus mengalami kecelakaan karena rem blong. Di mana, dirinya tidak bisa mengendalikan bus tersebut dan tak bisa direm karena kehabisan angin.

"Karena rem blong kehabisan angin jadi kita nggak bisa masuk gigi pun susah, untuk gigi rendah aja nggak bisa masuk," ujarnya saat wawancara dengan tvOne dalam Breaking News, Minggu, 12 Mei 2024 pagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya