Mobil Listrik Xiaomi SU7 Punya Jarak Tempuh 800 Km, tapi Baru 39 Km Sudah Mati

Mobil listrik Xiaomi SU7
Sumber :
  • Xiaomi

Jakarta, 13 Mei 2024 –  Mobil listrik Xiaomi SU7 menjadi sorotan sejak peluncurannya karena memiliki harga yang murah dan fitur modern. Sayangnya, belakangan viral mobil dari brand asal China tersebut mogok dan tak bisa dibetulkan oleh bengkel.

Mobil Terlaris di Indonesia Naik Harganya

Dikutip VIVA Otomotif dari Carscoops, Senin 13 Mei 2024, salah satu pemilik, Mr. Wen, mengalami kejadian kurang menyenangkan dengan mobil tersebut. Mobil SU7 barunya yang berwarna biru terang tiba-tiba mati total di jalan tol.

Padahal, Xiaomi SU7 miliknya baru menempuh jarak 39 Km saja. Saat mobil ini mogok, layar instrumen digital menampilkan peringatan agar Mr. Wen menepi dan menghubungi layanan purna jual Xiaomi.

Jukir Liar Patok Parkir Rp 150 Ribu di Depan Masjid Istiqlal Ditangkap

Mobil listrik Xiaomi SU7

Photo :
  • Xiaomi

Lalu muncul juga muncul pesan lain yang menyatakan adanya kerusakan pada sistem penggerak, membuat mobil tidak bisa berpindah gigi maju maupun mundur. Saat dibawa ke diler, pihak bengkel angkat tangan dengan kerusakan tersebut.

Viral Detik-detik Mencekam Kecelakaan Bus Pelajar SMK Lingga Kencana: Allahu Akbar!

Mr. Wen menolak perbaikan pada mobilnya dan meminta unit SU7 yang baru. Sayangnya semua unit yang sedang dirakit sudah memiliki pemilik atau terpesan, Xiaomi pun menawarkan pengembalian dana penuh untuk SU7 yang rusak tersebut, beserta kompensasi atas biaya-biaya yang dikeluarkan.

Mobil listrik Xiaomi SU7 hadir dalam beberapa varian, mulai dari versi entry level SU7, varian menengah SUV7 Pro, dan model tertingginya yang dinamai SU7 Max. Varian warnanya pun cukup banyak yang diberikan untuk konsumen.

Soal spesifikasi varian entry levelnya, SU7 menggunakan motor listrik bertenaga 220 kW dan bisa melaju maksimal 210 km/jam. Xiaomi membekali SU7 Pro dengan baterai berkapasitas 94,3 kWh. Di mana, dalam kondisi baterai terisi penuh, SU7 Pro diklaim bisa melaju hingga 758-830 km tergantung ukuran pelek yang dipilih.

Sedangkan varian termahalnya, Xiaomi SU7 Max dibekali dengan motor listrik ganda dengan rate maksimal 871V. Total tenaga maksimalnya diklaim tembus 495 kW dan torsi 838 Nm. 

Xiaomi SU7

Photo :
  • Carscoops

Hanya butuh 2,78 detik untuk melarikan mobil ini dari 0-100 km per jam dan top speed-nya diklaim bisa sampai 265 km/jam. Xiaomi SU7 Max hadir dengan baterai berkapasitas 101 kW, dan diklaim bisa menempuh jarak 800 km dengan kondisi baterai penuh.

Bukan Kasus Pertama

Sebelumnya beberapa pemilik Xiaomi SU7 juga mengeluhkan masalah sistem kontrol traksi. Xiaomi mengakui bahwa sistem Pengereman Darurat Otomatis (AEB) pada SU7 tidak berfungsi melebihi kecepatan 135 km/jam dan baru akan diperbaiki melalui pembaruan software.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya