Viral Video Ojol Gerebek Bengkel Tambal Ban Penyebar Ranjau Paku di MT Haryono

Ranjau paku dan besi payung di jalan
Sumber :
  • Instagram: Rohim Saber

Jakarta, 13 Mei 2024 –  Bagi pengendara motor, ranjau paku merupakan musuh besar karena membuat ban menjadi bocor. Baru-baru ini, viral sejumlah pengemudi ojek online mengerebek tukang tambal ban yang diduga menjadi pelaku penyebar ranjau paku agar lapaknya laku.

Buntut Viral Video Sekuriti Pukul Anjing, Pihak Mall Plaza Indonesia Minta Maaf

Adapun peristiwa ini viral di sosial media usai diunggah oleh akun Instagram @usmanto89, seperti dilihat VIVA Otomotif pada Senin 13 Mei 2024. Dalam keterangannya, lapak tambal ban tersebut biasa mangkal di Jalan MT Haryono, Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur.

Nampak dalam video tersebut pengemudi ojek online bersama relawan menemukan ratusan potongan payung yang dipotong runcing dalam sebuah plastik hitam. Dalam plastik hitam tersebut ranjau paku itu dibungkus kembali dalam beberapa platik berwarna putih.

Demi Balikan sama Mantan, Pria Ini Mendaki 3 Gunung, Endingnya Nyesek

Ranjau paku di jalanan Jakarta

Photo :
  • VIVA.co.id / Syaefullah

Dengan begitu, paket-paket ranjau tersebut berbentuk kecil dan mudah untuk disebar pelaku. Diketahui ranjau paku dari bahan potongan payung ini lebih berbahaya dibandingkan paku biasa.

Maldives Bans Israelis Entering the Country in Solidarity with Palestine

“Oknum tukang tambal ban tersebut tidak berkutik ketika digerebek ojol dan relawan. Di lokasi tersebut juga ditemukan barang bukti berupa paket ranjau jari-jari payung yang siap ditebarkan,” tulis akun itu.

Setelah dilakukan interogasi, tukang tambal ban tersebut mengakui perbuatannya, dan akhirnya diusir oleh para ojol tersebut. Pelaku juga mengaku jika ranjau paku yang disembunyikan di antara batu sekitar tambal ban tersebut merupakan miliknya.

"Lapak-lapak tambal ban yg biasa mangkal di trotoar dengan alat seadanya , itu ada hubunganya sama ranjo2 paku yg disebar. Udah gitu kalau ada yang kena ranju trus mampir ke tambal ban tsb harga di getok mahal tambaknya. Waspadai lapak-lapak tambal ban yg gelar di trotoar," tulis netizen di kolom komentar.

Seperti diketahui, dengan modus ini membuat beberapa motor terganggu perjalanannya karena ban bocor. Biasanya, tukang tambal ban akan menawarkan ban baru atau ban dalam dengan harga lebih mahal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya