Marc Marquez Bikin Malu Juara Bertahan MotoGP Pakai Motor Bekas

Marc Marquez
Sumber :
  • Federal Oil

VIVA – Francesco Bagnaia menjadi juara bertahan MotoGP periode 2022-2023. Tapi setelah Marc Marquez dikontrak Gresini Racing, dengan mudahnya dia bikin malu Pecco Bagnaia hanya bermodal motor bekas.

Jorge Martin Ancam Cabut Jika Ducati Pilih Marc Marquez di MotoGP 2025

Marc Marquez bangkit dari keterpurukannya setelah keluar dari Honda Repsol, baby alien langsung melesat bak roket di atas motor Ducati Desmosedici GP23. Sejumlah peningkatan ditunjukan di musim ini.

Francesco Bagnaia dan Marc Marquez

Photo :
  • Crash.net
Marc Marquez Tak Takut Tinggalkan Ducati, Asal Dapat Motor Baru di Musim Depan

Terbaru, MM93 menjadi juara dua di MotoGP Prancis dengan mempermalukan juara bertahan MotoGP tersebut dengan menyalipnya saat lap akhir. Padahal anak murid Valentino Rossi itu pakai motor baru.

Sebagai tim pabrikan tentu Bagnaia mendapatkan sejumlah fasilitas mewah, dan ekslusif. Salah satunya soal motor, anak didik Rossi itu pakai motor yang serupa dengan Jorge Martin, yaitu Desmosedici GP24.

Marc Marquez Dilirik Pabrikan Ducati, KTM Siap Gaji Jorge Martin Lebih Tinggi

Sedangkan Marc Marquez pakai motor bekas kedua pembalap tersebut di tahun lalu. Tapi bermodal jam terbang, kakak kandung Alex Marquez bisa mengimbangi kedua pembalap tersebut, bahkan sampai menyusulnya.

Desmosedici GP23 mengandalkan mesin bensin empat silinder, berkonfigurasi V4 dengan kemiringan 90 derajat, berkapasitas 1.000cc DOHC. Pada bagian head masing-masing piston punya 4 klep, artinya ada 16 valve.

Enjin Desmodromic itu dapat memuntahkan tenaga 250 dk, dan kecepatan tertingginya 350 km per jam. Sistem control kelistrikan, dan asupan bahan bakarnya diatur ECU (Electronic Control Unit) yang disetting Dorna Unified Software.

Motor konsep yang dibuat khusus untuk ajang MotoGP itu hanya memiliki bobot 157 kilogram, cukup ringan dengan performa yang dimilikinya, karena beberapa komponen bodinya terbuat dari karbon kevlar.

Meski begitu pabrikan asal Italia tersebut tetap mempertimbangkan keamanannya. Pengereman disematkan dua cakram berukuran 340 mili meter di bagian depan dengan kaliper Brembo empat piston.

Kemudian suspensi depannya upside down Ohlins dengan tabung luar karbon, dan belakang pengereman cakram tunggal dengan kaliper dua piston, menggunakan lengan ayun monoshock Ohlins, dengan velg 17 inci dibalut ban Michelin.

Setelah podium di MotoGP Prancis dengan mempermalukan Francesco Bagnaia, Marc Marquez mengantongi 89 poin dan menempati urutan ke-3 klasemen sementara MotoGP 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya