Pembuat Paspor 'Gayus' Akan Ditindak Tegas

Gayus Tambunan
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Dugaan pelesirnya terdakwa kasus mafia pajak Gayus Tambunan ke Singapura akan terus diselidiki. Termasuk menyelidiki paspor pria mirip Gayus memakai wig yang terbang ke Macau dan Malaysia.

Bila dalam pembuatan paspor itu ada petugas Direktorat Jenderal Keimigrasian yang terbukti menyalahgunakan wewenang, maka penindakan akan dilakukan.

"Iya, termasuk misalnya di Keimigrasian menyalahgunakan kewenangannya untuk memberikan paspor palsu, tidak ada toleransi," kata Menteri Koordinator Polhukam Djoko Suyanto di Istana Presiden, Jakarta, Selasa 4 Januari 2011.

Bila terbukti petugas Keimigrasian itu terbukti bersalah dan lalai, maka tidak ada toleransi terhadap penyelewengan itu. Meski begitu, Djoko meminta semua pihak menahan diri sampai pengusutan dari yang berwenang mendapatkan bukti-bukti.

"Kita lihat dulu tingkat kesalahannya di mana. Kemudian apa saja yang membuat mereka lalai," ujar Djoko yang juga Ketua Komisi Kepolisian Nasional ini.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar sudah membentuk tim pengusut dugaan pelesirnya Gayus selain ke Bali pada awal November lalu. Yang mengejutkan, ada paspor mirip Gayus memakai wig atas nama Sony Laksono.

Si Sony Laksono diketahui terbang ke Macau pada 24 September 2010 dengan Mandala Airlines dan ke Kuala Lumpur, Malaysia pada 30 September 2010.

"Semula (paspor itu) akan dibuat atas nama Margaretha, seorang anak kecil. Tiba-tiba tidak dilanjutkan. Akhirnya keluar atas Sony Laksono," kata Patrialis di Istana.

Sementara, Djoko Suyanto juga akan menyelidiki pelesirnya Gayus ke Singapura pada 30 September 2010. Djoko meminta semua pihak yang mempunyai informasi soal pria mirip Gayus harap dilaporkan kepada yang berwenang.

"Siapapun yang memiliki informasi tentang itu, saya harapkan kepolisian atau satgas bisa diberikan informasi. Akan membantu kepolisian untuk mengusut itu," ujar Djoko.  (umi)

Koordinasi dengan Maktab, KUH Komitmen Tingkatkan Layanan Jemaah Haji
Penjualan tanah terbesar di Dubai

Mantan CEO PrettyLittleThing Umar Kamani Pecahkan Rekor Penjualan Tanah Terbesar di Dubai

Terletak di lepas pantai Dubai, Jumeirah Bay Island terkenal dengan properti eksklusif dan pemandangan cakrawala kota yang indah. Rekor baru ini menggarisbawahi tingginya

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024