Kapolri Akui Gayus Keluar Rutan 24 September

Paspor palsu Gayus atas nama Sony Laksono
Sumber :
  • Twitter Denny Indrayana

VIVAnews -- Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jendral  Timur Pradopo sudah melakukan pemeriksaan terhadap petugas Rumah Tahanan Mako Brimob Kelapa Dua terkait dugaan Gayus Tambunan pergi ke luar negeri.

Hasilnya, Kapolri menemukan Gayus diizinkan keluar. "Hasil pemeriksaan anggota ada beberapa kali dia (Gayus) diizinkan (keluar) di luar prosedur. Salah satunya pada tanggal 24 September 2010," kata Kapolri di Kantor Presiden, 5 Januari 2011

Kapolri kemudian menjelaskan, izin itu di luar prosedur karena Gayus keluar saat seharusnya tidak diizinkan. Kepolisian pun sedang memproses pelanggaran prosedural ini. "Sekarang sedang kita proses. Nanti di sidang di pengadilan," lanjut Kapolri.
 
Sebelumnya, tim yang dibentuk Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar menemukan adanya paspor janggal.

Paspor yang semula akan dibuat  atas nama Margaretha, seorang anak kecil. Namun, tiba-tiba ke luar atas nama Sony Laksono.

Seperti diketahui, Sony Laksono adalah nama yang digunakan Gayus saat pergi ke Bali. Dalam paspor itu, terlihat foto mirip Gayus, memakai rambut palsu atau wig dan kacamata berbingkai tebal.

Patrialis menjelaskan, pemegang paspor itu diketahui pergi ke Macau dengan Mandala Airlines pada  24 September 2010 . "Kembali 26 September, dengan Garuda kalau tidak salah," kata Patrialis.

Empat hari kemudian, 30 September 2010,  paspor yang sama juga digunakan ke Kuala Lumpur.

Informasi orang mirip Gayus ke luar negeri berasal dari seorang warga yang menulis surat pembaca di Harian Umum Kompas, Minggu 2 Januari lalu. Dalam suratnya, Devina menulis: "Ketika itu seorang pria memakai wig dan kacamata masuk ke ruangan tempat saya menunggu. Setelah melihat foto yang belakangan banyak beredar di surat kabar dan berita TV, saya semakin yakin bahwa orang yang berada dalam satu penerbangan dengan saya ke Singapura tersebut memang Gayus."

Devina berada dalam penerbangan Air Asia bernomor QZ 7780, dengan waktu keberangkatan 11.20 WIB dari Jakarta menuju Singapura, hari Kamis, 30 September 2010. Namun, pihak maskapai Air Asia membantah ada nama Gayus pada penerbangan 30 September ke Singapura. "Untuk nama Gayus tidak ada," kata Corporate Communication Manager Air Asia, Audrey Progastama Petriny saat dikonfirmasi VIVAnews.com. (sj)

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen
Ilustrasi pria marah/emosi.

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Mengontrol emosi adalah kemampuan untuk mengatur, mengelola, dan mengekspresikan emosi secara sehat dan sesuai dengan situasi yang dihadapi.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024