Menkumham: Gayus ke Singapura 2 Oktober 2010

Paspor palsu Gayus atas nama Sony Laksono
Sumber :
  • Twitter Denny Indrayana

VIVAnews -- Selama ditahan di Rutan Mako Brimob, Polri, Gayus Tambunan tak hanya pelesir ke Bali, diduga menggunakan paspor atas nama Sony Laksono, ia juga pergi ke Macau dan Kuala Lumpur.

Tim yang dibentuk Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar menyampaikan laporan terbaru. "Hari ini dilaporkan oleh tim, yang dilaporkan ke saya, Gayus bepergian ke Singapura. Dilaporkan tanggal 2 Oktober 2010 menumpang  AirAsia," kata Patrialis saat ditemui di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Kamis 6 Januari 2011.

Namun, tambah Patrialis, tak ada bukti kapan Gayus kembali. "Berarti ada oknumnya. Kan ada CCTV, akan kami lihat oknum-oknumnya," tambah Patrialis.

Kenapa kasus ini baru terungkap sekarang?

Ini Dia Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus

Patrialis menjelaskan kasus pidana Gayus adalah persoalan tersendiri. Pihaknya saat itu hanya bertugas mencekal paspor mantan pegawai pajak itu. "Kalau tiba-tiba ada paspor yang (fotonya) mirip dengan Gayus, itu lain persoalan," tambah dia.

Tim, kata Patrialis, sedang menyelidiki apakah imigrasi tahu soal kejadian ini. "Sekarang inspektorat turun kalau terbukti petugasnya terkait, ya tidak ada ampun," tambah dia.

Patrialis menekankan secara teknis paspor dengan foto mirip Gayus memakai wig dan kaca mata bingkai tebal tak bisa diterbitkan. "Apalagi berkacamata," kata Patrialis.

Mantan anggota Dewan itu mengaku belum tahu persis siapa yang menerbitkan paspor janggal itu, meskipun nomor paspornya dikeluarkan imigasi Jakarta Timur.

"Pengeluaran fotonya akan kami selidiki, apakah dibuat di luar, apa ada oknum. Kalau ada indikasi foto palsu, semestinya terdeteksi."

Informasi orang mirip Gayus ke luar negeri berasal dari seorang warga yang menulis surat pembaca di Harian Umum Kompas, Minggu 2 Januari lalu. Dalam suratnya, Devina menulis: "Ketika itu seorang pria memakai wig dan kacamata masuk ke ruangan tempat saya menunggu. Setelah melihat foto yang belakangan banyak beredar di surat kabar dan berita TV, saya semakin yakin bahwa orang yang berada dalam satu penerbangan dengan saya ke Singapura tersebut memang Gayus."

Devina berada dalam penerbangan Air Asia bernomor QZ 7780, dengan waktu keberangkatan 11.20 WIB dari Jakarta menuju Singapura, hari Kamis, 30 September 2010. (hs)

Mobil Jeep Rubicon yang digunakan tersangka Mario Dandy menganiaya anak pengurus GP Ansor, David

Jeep Rubicon Mario Dandy Bakal Dilelang Lebih Murah Usai Tak Laku, Berapa Harga Bekasnya?

Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan (Kejari Jaksel) akan melakukan ulang lelang mobil Jeep Rubicon Wrangler milik Mario Dandy Satriyo dengan harga murah karena tidak laku.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024