Harga Minyak Melambung, Premium Tak Naik

BBM: Pertamina
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews – Pemerintah tetap tidak akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Premium dan Solar, meski harga minyak mentah melambung.

Arah Politik Pilkada 2024, Partai Demokrat Beberkan 7 Kriteria Cagub Jakarta

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Evita Herawati Legowo, mengatakan, pemerintah juga tidak akan mengubah asumsi makro.

Saat ini, harga minyak mentah Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP) sudah mencapai US$91,37 per barel. Namun, menurut Evita, harga rata-rata setahun belum menyentuh US$88 per barel. "Ini masih jauh dari asumsi makro US$80 per barel," kata Evita di Jakarta, Kamis, 6 Januari 2011.

Menurut Evita, pemerintah diperbolehkan menaikkan harga BBM bersubsidi jika ICP telah naik melampaui 10 persen dari asumsi makro. Sebelumnya, harga minyak mentah Indonesia telah mencapai US$91,37, atau naik US$6,30 dari rata-rata November US$85,07 per barel.

Saat ini, BBM bersubsidi masih dibanderol Rp4.500 per liter, baik Solar maupun Premium. Pemerintah justru memilih dengan melarang kendaraan pribadi menggunakan Premium dan Solar untuk menekan besarnya subsidi.

Pembatasan ini direncanakan terlaksana bertahap dan dimulai pada akhir kuartal pertama tahun ini.(art)

Dorman Borisman Meninggal Dunia di Usia 73 Tahun
Ganjar Pranowo Hadiri Acara Halal bi Halal TPN di Posko Pemenangan

Kontestasi Tak Hanya Berebut Kursi dan Dibagi-bagi, Alasan Ganjar Tak Mau Gabung Pemerintah

Ganjar Pranowo mengungkapkan alasannya untuk berada di luar pemerintahan atau menjadi pihak oposisi pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024