Chairul:

2012, PDB Indonesia Kalahkan Belanda

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
Sumber :

VIVAnews - Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung mengungkapkan volume ekonomi Indonesia pada 2012 bakal melampaui salah satu negara penjajahnya, yakni Belanda.

"Tahun 2012, Indonesia sudah bisa balas dendam kepada Belanda yang pernah menjajah kita selama 350 tahun," kata Ketua KEN Chairul Tanjung dalam Peluncuran Ec-Think di Hotel Niko, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa, 11 Januari 2011.

Jika mengacu pada data Produk Domestik Bruto 2009, berdasarkan data Bank Dunia, Indonesia menempati urutan ke-18 dengan PDB sekitar US$540 miliar. Sedangkan, Belanda di posisi 16 dengan PDB sebesar US$792 miliar.

Namun, pada 2010, menurut Badan Pusat Statistik, PDB Indonesia sudah mencapai US$700 miliar. Tahun lalu, Indonesia juga sudah menempati posisi 16 sebagai negara dengan volume ekonomi terbesar di dunia.

Chairul optimistis di masa yang akan datang, PDB Indonesia akan terus melonjak seiring dengan pertumbuhan ekonomi. Optimisme itu, kata dia, didasarkan pada asumsi yang dibuat oleh Dana Moneter Indonesia yang memperkirakan peningkatan PDB Indonesia pada 2009-2014, yakni rata-rata 12,8 persen.

"Kami yakin pada 2030, Indonesia akan menjadi lima kekuatan ekonomi terbesar di dunia," katanya.

Standard Chartered Bank sebelumnya juga memperkirakan Indonesia akan menempati posisi lima raksasa ekonomi pada dua dekade lagi, yakni 2030 bersama dengan China, Amerika Serikat, India dan Brazil.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat
Workshop Literasi Digital

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua

Semua guru dan murid yang hadir menunjukkan antusiasme tinggi dalam menyimak materi dari para narasumber.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024