Menkeu Beri Data Kasus Gayus ke Kapolri Lusa

Foto Gayus Tambunan yang beredar di internet.
Sumber :
  • kaskus.us

VIVAnews - Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, sudah menerima surat dari Kapolri, Jenderal Polisi Timur Pradopo, untuk membuka kasus Gayus Tambunan.

Pratama Arhan Jadi Sasaran Bully Netizen, Ibunda Teteskan Air Mata

Menkeu akan menyerahkan data yang diminta Polri itu. "Dalam satu dua hari ini kami akan serahkan informasi itu," kata Agus Martowardojo di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Rabu 12 Januari 2011.

Menurut Agus, surat dari Timur Pradopo sudah dilayangkan ke Kementerian Keuangan pada 20 Desember 2010. Dalam surat itu, Polri meminta data kasus mafia pajak yang membelit Gayus. Saat ini, kasus itu sudah dalam proses penyidikan.

Agus menegaskan, data-data itu diharap bisa menjelaskan kasus yang membelit Gayus Tambunan. Menurut Agus, pihaknya tetap mengedepankan asas praduga tidak bersalah. "Jadi, kalau mau mencari fakta segala informasi pasti kami serahkan," ujar mantan Dirut Bank Mandiri ini.

Agus berjanji akan menindak tegas bawahannya yang terbukti terlibat dalam kasus ini. Di Direktorat Jenderal Pajak, menurut Agus, sudah dilakukan transformasi dan perbaikan di berbagai aspek.  "Tapi kalau seandainya ada contoh, silakan disebutkan. Nanti kami lakukan investigasi," ujar Agus.

Seperti diketahui, Gayus didakwa atas sejumlah kasus. Pada dakwaan pertama, Gayus dijerat secara bersama-sama sejumlah pejabat Direktorat Jenderal Keuangan.

Pejabat Pajak yang terseret antara lain dengan Penelaah Keberatan dan Banding, Humala Setia Leonardo Napitupulu; Kepala Seksi Pengurangan dan Keberatan I, Maruli Pandapotan Manurung; Kepala Sub Direktorat Pengurangan dan Keberatan, Johnny Marihot Tobing; dan Direktur Keberatan dan Banding, Bambang Heru Ismiarso.

Mereka dijerat terkait dengan upaya mengurangi keberatan pajak PT Surya Alam Tunggal dengan total Rp570.952.000. Jaksa menilai, akibatnya perbuatan Gayus, PT Surya Alam Tunggal telah diuntungkan.

Banyak Berkutat di Zona Degradasi, Arema FC Bersyukur Lolos dari Lubang Jarum
Jorvan Veira

Kisah Mualaf Jorvan Vieira Pelatih Timnas Irak yang Berhasil Membawa Timnya Menjuarai Piala Asia

Jorvan Vieira, nama yang mungkin asing bagi pecinta sepak bola di tanah air. Namun, di benua Asia, nama ini begitu harum dan dihormati. Beliau adalah pelatih asal Brasil

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024