Garuda Targetkan Dana IPO Rp10 Triliun

Boeing 737-400 milik Garuda Indonesia
Sumber :
  • http://www.airplane-pictures.net/

VIVAnews - PT Garuda Indonesia (Persero) menargetkan dana sebesar Rp10 triliun terkait rencana penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham. Garuda menawarkan harga saham perdana Rp750-1.100 per unit.

Saham perdana yang dilepas sebanyak 28,93 persen dan 7,54 persen divestasi saham milik PT Bank Mandiri Tbk di Garuda. Total sebesar 36,48 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Saham yang ditawarkan sebanyak 9,36 miliar unit dengan nilai nominal Rp500 per unit.

"Kami akan menggunakan dana IPO untuk pembelian pesawat baru," kata Direktur Utama Garuda, Emirsyah Satar, dalam due diligence di Jakarta, Rabu 12 Januari 2011.

Direktur Investment Banking PT Mandiri Sekuritas, Iman Rachman, mengatakan penetapan harga dilakukan melalui pertimbangan nilai aset perusahaan dan penyesuaian utang bersih berbanding laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA).

"Ini merupakan perbandingan yang dilakukan oleh industri di regional," ujar dia.

Long Weekend Hemat! 5 Rekomendasi Wisata Gratis dan Seru di Jakarta

Mandiri Sekuritas merupakan salah satu penjamin pelaksana emisi efek (underwriter) IPO saham Garuda.

Dengan kisaran harga penawaran Rp750- 1.100, rasio valuasi perusahaan tersebut sebesar 7,4-10,8 kali. Sementara itu, untuk rata-rata industri sebesar 7,3 kali. "Cukup menarik. Malaysia Airlines sendiri 7,4 kali," ujar Iman.

Direktur Keuangan Garuda Elisa Lumbantoruan menjelaskan dana hasil pelepasan saham perdana ini akan digunakan untuk peremajaan pesawat. "Sekitar 80 persen untuk pre delivery payment dan security deposit pesawat," ujar dia.

Fiorentina Pastikan Tiket ke Final Liga Konferensi Eropa 2023/24
Mahalini dan Rizky Febian

Rizky Febian dan Mahalini Menikah 10 Mei 2024, Pakai Adat Sunda

Penyanyi Rizky Febian dan Mahalini akan segera melangsungkan pernikahan pada Jumat, 10 Mei 2024. Informasi itu disampaikan langsung oleh pihak keluarga Sule, Deni Uwaw.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024