WNA Terlibat Sindikat Paspor Gayus Diburu

Foto Gayus Tambunan yang beredar di internet.
Sumber :
  • kaskus.us

VIVAnews - Polri terus mengejar beberapa anggota sindikat yang membuat paspor atas nama Sony Laksono untuk Gayus Tambunan.

"Ada sekitar dua nama," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta, Kamis 13 Januari 2011.

Boy mengatakan dua orang ini sama-sama berinisial J. "Ada warga negara Indonesia-nya dan warga negara asing. Sedang diupayakan  untuk pengembangan dari pemeriksaan hari ini," kata dia.

Namun, Boy tidak menjelaskan warga negara asing itu berasal dari
negara mana. Yang jelas, dari hasil penyidikan terhadap saksi-saksi
sebelumnya, kedua orang ini, J dan J merupakan orang yang membuat paspor atas nama Sony Laksono yang digunakan Gayus bepergian ke beberapa negara.

"Diduga yang membuat itu, apakah dibuat  sendiri oleh dua orang ini, atau ada lagi pihak-pihak lain yang terlibat perlu kita  mendapat keterangan dari dua orang ini," kata dia.

Menurut Boy, kedua orang ini bukan oknum dari kantor imigrasi, tempat paspor Gayus Tambunan dikeluarkan. "Mereka merupakan bagian dari sindikat ini," kata dia.

"Penyidik  akan menerbitkan DPO dalam beberapa saat ini, yang jelas upaya penangkapan  terhadap yang bersangkutan sedang diupayakan. Kita tidak bisa memastikan karena  posisinya masih belum ada kejelasan, masih diupayakan untuk ditemukan."

Gayus diduga pergi ke Macau pada tanggal 22 hingga 24 September 2010. Sementara itu, pada tanggal 30 September 2010 hingga 2 Oktober 2010, Gayus diduga pergi ke Kuala Lumpur dan Singapura dengan paspor bernama Sony Laksono.

Polri sendiri telah menetapkan Gayus sebagai tersangka dalam perkara pemalsuan dokumen paspor identitas palsu tersebut. Gayus diancam Pasal 263 dan 266 KUHP terkait menggunakan dan memalsukan dokumen otentik.

Selain Gayus, polisi menetapkan tiga tersangka lainnya, termasuk seseorang berinisial A yang bertugas memotret Gayus dengan imbalan US$2.500. (umi)

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik
Ilustrasi Paspor

Kelanjutan Nasib Hyoyon SNSD, Bomi Apink hingga Im Nayoung Pasca Paspornya Ditahan Imigrasi Bali

Saat ini, paspor semua pemeran dan kru, dengan total sekitar 30 orang, disita. Mereka juga saat ini tinggal di sebuah hotel sementara itu kasus ini sedang diselidiki.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024