Kasus Gayus, Polri Periksa Tukang Foto Paspor

Paspor palsu Gayus atas nama Sony Laksono
Sumber :
  • Twitter Denny Indrayana

VIVAnews - Penyidik Mabes Polri kembali menyidik petugas dari kantor imigrasi Jakarta Timur, tempat paspor atas nama Sony Laksono dikeluarkan. Pemeriksaan ini merupakan lanjutan dari pemeriksaan terhadap keenam petugas lainnya terkait paspor palsu milik terdakwa kasus mafia pajak, Gayus Tambunan.

"Kita juga melanjutkan pemeriksaan terhadap petugas imigrasi Jakarta Timur, Ibu Endang, dari seksi foto Kasi Lantaskim Jaktim," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Polri, Kombes Pol, Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta, Senin 17 Januari 2011.

Sebelumnya, penyidik Polri telah memeriksa enam petugas imigrasi Jaktim. Mereka adalah mantan Kasi Lantas Kantor Imigrasi Jakarta Timur Zulkifli, Kordinator Pendistribusian Paspor Dadang Suganda, Tri Sasongko eks Kasubsie Perizinan, Ahmad Jefri, Agus Arif Wicaksono, dan Ketut Satria.

Sementara itu, Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar mengatakan setidaknya terdapat enam petugas imigrasi yang telah dinonaktifkan terkait pemalsuan paspor Gayus atas nama Sony Laksono. "Mereka dinonaktifkan dulu dan ini akan dilakukan oleh tim Inspektorat Jenderal," kata Patrialis Akbar, di Kantor Presiden hari ini.

Menurut Patrialis, penonaktifan ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi kepolisian yang sedang mengusut kasus paspor atas nama Sony Laksono itu. "Siapapun, yang prinsipnya ada unsur petugas imigrasi yang terkait tindak pidana tidak akan ditutup-tutupi. Terbuka untuk penyelidikan secara menyeluruh," ujarnya.

Sampai sejauh ini telah ada sejumlah orang yang diamankan, A dan J (WNI). Sementara itu, kawan lama Gayus, AG yang memperkenalkan Gayus dengan A masih berstatus saksi.

Dengan paspor atas nama Sony laksono, Gayus diduga pergi ke Macau pada tanggal 22 hingga 24 September 2010. Sementara itu, pada tanggal 30 September 2010 hingga 2 Oktober 2010, Gayus diduga pergi ke Kuala Lumpur dan Singapura dengan paspor atas nama Sony Laksono.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Polri sendiri telah menetapkan Gayus sebagai tersangka dalam perkara pemalsuan dokumen paspor identitas palsu tersebut. Gayus diancam Pasal 263 dan 266 KUHP terkait menggunakan dan memalsukan dokumen otentik. (umi)

Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024