Soal Kasus Century, DPR Percepat Ritme Kerja

Pimpinan DPR: Anis Matta, Pramono Anung, Marzuki Alie & Marwoto
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengeluarkan empat instruksi untuk menuntaskan kasus hukum PT Bank Century. Selaras dengan niat Presiden untuk segera menyelesaikan kasus Century, Tim Pengawas Century DPR pun bertekad untuk mempercepat ritme kerjanya terhitung 19 Januari besok.

"Kecepatan kerja akan kami naikkan. Kami akan menitikberatkan pada aliran uang," kata Wakil Ketua DPR Pramono Anung yang juga salah satu pimpinan Timwas Century.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Terkait hal itu, DPR akan melibatkan Lembaga Penjamin Simpanan, Bank Indonesia, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia dan Menteri Keuangan.

"Kalau perlu dilakukan penyelidikan terbalik menggunakan jasa ahli forensik keuangan," ujar Pramono di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa 18 Januari 2011.

Timwas juga akan melakukan pemeriksaan silang dengan penegak hukum. "Segala cara harus diupayakan karena rakyat menilai belum ada kemajuan signifikan," kata politikus PDIP itu.

Keempat Intruksi Presiden terkait Century adalah untuk menuntaskan semua kegiatan guna merespons hasil panitia angket DPR tentang Bank Century, untuk menuntaskan berbagai regulasi dan mekanisme kerja di pemerintah sesuai dengan rekomendasi DPR, untuk mengupayakan pengembalian aset Bank Century, dan untuk menjelaskan penanganan kasus secara berkala kepada masyarakat.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso, mengungkapkan kejengkelannya atas kelambanan kinerja aparat hukum dalam menindaklanjuri kasus Century. "Kalau aparat penegak hukum tidak ada tanda-tanda kemajuan soal Century, akibatnya nanti DPR bisa frustrasi dan pintu menuju Hak Menyatakan Pendapat bisa terbuka lebar," kata Priyo.

Masa kerja Timwas Century tidak dibatasi secara jelas. "Kalau menurut dokumen rekomendasi pansus Century, recovery asset (pemulihan aset) Century diberi waktu hingga tahun 2012," kata mantan anggota pansus Century, Romahurmudziy. Dengan kata lain, ujarnya, Timwas dapat terus bekerja selama kasus Century belum tuntas.

Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024