James Zaidan

James Zaidan Saragih
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

Tempat Tanggal Lahir: New York, 23 Maret 1991
Tinggi:  180
Berat:  81
Posisi : Gelandang serang
Klub: New York Cosmos
Nomor Punggung: 10
Nama Punggung:

Karir
Seleksi Persebaya U-21
Olympic Development Program (ODP) – 2005
New York Greek American Atlas -  1999

James mengawali karir sepakbola sejak usia 8 tahun dengan masuk akademi New York Greek American Atlas. Setelah belajar dasar-dasar sepakbola, dua tahun kemudian menekuni Olympic Development Program (ODP), sebuah program pengembangan remaja berbakat di Amerika Serikat untuk menyaring peserta Olimpiade.

Usai mengikuti program ODP, kiprah James makin bersinar dengan mengikuti berbagai turnamen domestik maupun internasional khusus remaja. Beberapa turnamen yang diikuti antara lain The Score Tournaments, Dallas Cup, Las Vegas Mayor's Cup, Zadar International Tournament di Kroasia pada tahun 2005, dan Thessaloniki's International Tournament di Yunani.

Orang tua James asli Indonesia. Namun, karena sejak lahir di Amerika, ia berhak mendapat paspor AS. James anak pertama pasangan Nazaruddin Saragih dan Artita ini pernah mengikuti seleksi Persebaya U-21 pada bulan Maret 2009 lalu. Kala itu, ketua umum Pengcab PSSI Surabaya, Saleh Ismail Mukadar, sudah menilai James sebagai pemain yang sensasional.

Sayangnya, James terkendala administrasi. Setelah dua bulan berlatih di Surabaya, dia terpaksa kembali ke New York karena belum memperoleh kewarganegaraan Indonesia. Pasalnya, Superliga Indonesia U-21 tidak mengizinkan adanya pemain asing. Setidaknya dari pengalaman tersebut, James bisa memahami bahasa Indonesia, walaupun belum lancar dalam berbicara.

Postur tubuh James - tinggi 180 cm dan berat badan 81 kg - terbilang sangat ideal dengan posisinya sebagai penyerang di lini tengah. Bahkan, dia bertekad bisa sejajar dengan Wesley Sneijder, bintang Inter Milan dan timnas Belanda. (sj)

Mayjen TNI Candra Wijaya Rotasi Jabatan Pejabat Utama Kodam XIII/Merdeka, Ini Daftarnya
Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin hadir di acara halal bihalal KDEKS Provinsi Ba

Disaksikan Wapres Ma'ruf, IBA Beri Bea Siswa ke Santri dan Mahasiswa di Banten

Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin menghadiri acara halal bihalal dan silaturahmi yang digelar oleh Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Banten.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024