Polri: Paspor 'Gayus' Guyana Bukan Rekayasa

Kabareskrim Polri Komjen Polisi Ito Sumardi.
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVAnews - Markas Besar Polri membantah bahwa pengungkapan paspor lain yang diduga mirip Gayus Tambunan adalah rekayasa. Polri menemukan paspor atas nama Yosep Morris itu dari dokumen milik salah satu tersangka paspor palsu Gayus, Ari.

"Polri tidak pernah merekayasa, kami menemukan itu dari laptop saudara Ari. Pada saat dibuka, keluarlah paspor itu," kata Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri Komisaris Jenderal Ito Sumardi di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Jakarta Selatan, Rabu 19 Januari 2011.

Menurut Ito, Polri masih masih melakukan kerjasama dengan Direktor Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. Terutama untuk menelusuri kebenaran paspor mirip Gayus berwarga negara Republik Guyana.

Ito pun mempertanyakan apakah benar paspor Guyana ini asli dan bisa berlaku di negara itu?  "Kami lihat dari dokumen yang ditemukan dari saudara Ari. Kalau dilihat dari paspor-paspor yang sudah jadi, kemungkinan memang sudah merencanakan untuk melarikan diri."

Polri akan terus berkoordinasi dengan Ditjen Imigrasi sekaligus untuk membongkar dugaan adanya sindikat internasional di balik pembuatan paspor ini. "Mungkin bukan satu tapi bisa banyak, itu akan kami selidiki bersama-sama," tegas dia.

Sebelumnya, Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Komisaris Besar Polisi Boy Rafli Amar, mengatakan paspor mirip Gayus berwarna negara Republik Guyana itu ditemukan dari percakapan surat elektronik.

"Ada berita yang mengabarkan bahwa paspor Republic of Guyana ini ada dalam email Grice (John Jerome/buron) kepada Ari yang kami duga mirip Gayus," kata Boy Rafli, Selasa 18 Januari 2011 lalu.

Paspor dengan foto mirip Gayus itu atas nama Yosep Morris. Dalam paspor itu tercatat orang mirip Gayus itu terlahir pada 9 Mei 1979. Paspor bernomor 1209595 itu berlaku dari 23 Juli 2007 sampai 22 Juli 2012.

Tak hanya paspor mirip Gayus, penyidik Polri juga menemukan paspor asing dari negara Guyana dengan foto mirip istri Gayus, Milana Anggraeini. Paspor mirip Milana itu atas nama Ann Morris dengan nomor paspor 1209191. Orang yang mirip Milana itu tercatat lahir pada 6 Februari 1979, dan paspor itu berlaku mulai 18 Juli 2007. Belakangan Polri juga menemukan paspor Guyana atas nama anak-anak Gayus. (umi)

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi
Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024