Istana: Tuduhan Gayus ke Satgas Perlu Bukti

Satgas Pemberantasan Mafia Hukum Menemui Presiden
Sumber :
  • (Biro Pers Istana Presiden/ Abror Rizki)

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono belum akan menerima laporan bantahan Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum atas tuduhan terdakwa mafia pajak Gayus Tambunan. Perlu ada bukti keterlibatan Satgas seperti yang disebut Gayus, bukan sekadar pengakuan.

"Sekali lagi ini (tuduhan Gayus) perlu dibuktikan," kata juru bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Kamis 20 Januari 2011.

Usai sidang vonis kemarin, Gayus Tambunan menyebut ada keterlibatan Satgas dalam kasusnya. Gayus menyebut keterlibatan Satgas terkait kepergiannya ke Singapura akhir Maret tahun lalu. Kemudian disebut pula keterlibatan Satgas dalam kasus paspor palsu, serta rekayasa pertemuan Gayus dengan Aburizal Bakrie.

Menurut Julian, semua tudingan Gayus itu perlu ada bukti kuat. Meski demikian, kata Julian, bantahan-bantahan dari Satgas juga perlu diperkuat bukti. "Namun kita tahu juga ada bantahan, tentu ini harus dibuktikan seperti pesan Presiden," kata Julian.

Dia menambahkan, kebenaran harus diungkap sesuai fakta yang ada. "Hukum tidak pandang bulu dan tidak boleh ada perbedaan dalam kategori apapun," kata Julian.

Julian mengingatkan awal pembentukan Satgas Pemberantasan Mafia Hukum. Satgas dinilai membantu percepatan pemberantasan mafia hukum dengan berkoordinasi dan bekerja sama dengan lembaga-lembaga penegak hukum lainnya.

Lembaga yang berkoordinasi dengan Satgas seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), kejaksaan, kepolisian, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), dan sebagainya. "Satgas harus didukung karena semangatnya memberantas korupsi," kata Julian. (sj)

Mahalini Ungkap Alasan Ingin Segera Dipinang Rizky Febian
Ilustrasi mobil hybrid Toyota

Jokowi Beri Sinyal Kelanjutan Insentif Mobil Hybrid

Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja memberikan sinyal terkait dengan kelanjutan pemberian insentif untuk mobil Hybrid. Di mana, proses masih dalam tahap pembahasan..

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024