Kapolri: Tudingan Gayus Perlu Fakta Hukum

Gayus Tambunan bersama Adnan Buyung Nasution.
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Terdakwa kasus mafia hukum, Gayus Tambunan membuat pernyataan mengejutkan setelah menerima vonis tujuh tahun dari majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Gayus mengungkapkan adanya rekayasa dalam kasus yang membelitnya itu.

Lantas, bagaimana tanggapan Polri terkait pengakuan Gayus itu? Menurut Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo, pengakuan Gayus itu harus dilengkapi dengan fakta hukum.

"Apa yang disampaikan Gayus ini kan hal-hal yang memang banyak yang harus ditindaklanjuti," kata Timur di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Jakarta, Kamis 20 Januari 2011.

Timur menegaskan, semua tudingan Gayus terhadap Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum itu perlu diperkuat bukti. Tidak sekadar tuduhan semata.

"Artinya, kata-katanya itu belum tentu benar. Kalau itu masalah pelanggaran hukum harus dilengkapi dengan fakta hukum," kata mantan Kapolda Metro Jaya ini.

Namun demikian, lanjut dia, Polri tidak akan terpancing dengan pengakuan Gayus. Polri akan tetap fokus pada pokok persoalan dalam kasus Gayus Tambunan ini.

"Khusus Polri, kami fokus pada penyidikan yang sedang ditangani, terutama masalah mafia pajak," jelasnya lagi.

Sementara itu, Kepala Bagian Penerangan Umum Polri, Komisaris Besar Polisi Boy Rafli Amar mengatakan pengakuan Gayus itu hanya sebagai informasi. Saat ini, Polri tetap fokus pada penyidikan yang telah dilakukan sebelumnya.

"Jadi kami belum lihat kearah sana (rekayasa kasus Gayus)," kata Boy di tempat yang sama. Polri khawatir bila penanganan kasus Gayus tidak fokus, maka akan membuat proses penyidikan dan penyelidikan menjadi tidak karuan.

"Jadi informasi itu kami terima sebatas informasi. Penyidik akan menilai apa yang disampaikan ini ada kualitas manfaat pembuktian kejahatan yang disangkakan atau tidak. Nanti akan dilihat," tegasnya.

Gayus menyebut Satgas Pemberantasan Mafia Hukum terlibat dalam rekayasa kasus. Satgas membantah lima tuduhan Gayus. (sj)

Terpopuler: Konversi Motor Listrik Tidak Gratis, Harga Innova Zenix Naik
Pemain Oxford United merayakan gol

Oxford United Tumbangkan Peterborough di Semifinal Playoff League One Inggris

Oxford United berhasil meraih kemenangan semifinal playoff leg-1 League One Inggris musim 2023-2024, melawan Peterborough 1-0 di Stadion Kassam, Minggu dini hari, 5 Mei.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024