Menkeu Janji Usut 'Gayus' Lain di Pajak

Agus Martowardojo, Dirut Bank Mandiri
Sumber :
  • bankmandiri.co.id

VIVAnews - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berjanji bakal menindaklanjuti hasil temuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terkait pemeriksaan rekening pegawai Ditjen Pajak dan Ditjen Bea Cukai Kemenkeu.

"Nanti akan kami tindaklanjuti," kata Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, usai Pelantikan Pejabat Eselon I Kementerian Keuangan di kantornya, Jalan Wahidin, Jakarta, Jumat, 21 Januari 2011.

Namun demikian, Menkeu mengaku dirinya belum mengetahui apakah temuan PPATK terkait pegawai di kedua institusi itu sudah sampai ke tangannya atau belum. "Saya mesti lihat meja saya, takutnya sudah ada yang mengirimkan," kata Agus.

Seperti diberitakan VIVAnews.com sebelumnya, Ketua PPATK Yunus Husein menyampaikan temuannya terkait rekening pegawai pajak yang disampaikan dalam rapat pimpinan (rapim). Data yang disampaikan itu berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap rekening pegawai pajak yang mencurigakan.

Menurut dokumen yang dipelajari VIVAnews, PPATK menyelidiki rekening pejabat Pajak dan Bea Cukai mulai dari Kepala Seksi hingga Dirjen. Di lingkungan Ditjen Pajak, yang sedang ditelisik adalah rekening milik 3.616 pejabat dan 12.089 anggota keluarga mereka. Di Bea Cukai 1.245 pejabat dan 3.408 famili mereka.

Hasilnya mengejutkan yaitu banyak ditemukan 'Gayus' lain di instansi tersebut. Pejabat Ditjen Pajak banyak melakukan transaksi tunai dalam jumlah besar dalam kisaran Rp500 juta hingga Rp27 miliar per pejabat, baik rekening pribadi maupun istri dan anak tanpa didukung adanya dasar transaksi yang memadai. Cerita lengkapnya baca di sini.

Pengakuan Mengejutkan Pelaku Tega Cekoki Narkoba Remaja Jaksel Hingga Tewas
Ilustrasi lift.

Ini Dia Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus

Ukurannya yang sangat besar, elevator atau lift penumpang terbesar di dunia ini mengandalkan sistem balok katrol inovatif yang terdiri dari 18 katrol besar, 9 kabel baja.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024