IPW: Susno Akui Ada Pembelokan Kasus Gayus

Komjen Pol. Susno Duadji
Sumber :
  • Antara/Yudi Mahatma

VIVAnews -  Penasehat Indonesian Police Watch (IPW), Johnson Panjaitan mendatangi mantan Kabareskrim Polri, Komjen Pol. Susno Duadji, di Rumah Tahanan Markas Komando Brimob, Kelapa Dua, Depok. Johnson mengakui kedatangannya itu untuk menggali informasi dari Susno soal kasus Gayus Tambunan.

Informasi apa yang didapatkan?

2 Pembunuh Sadis Kakek Renta di Garut Ditangkap, Apa Motifnya?

"Dia (Susno) mengakui bahwa data 149 perusahaan (yang pernah ditangani Gayus) sudah didapat sejak Maret dan April 2009, bukan baru saat ini," kata Johnson di Rutan Mako Brimob, Sabtu, 22 Januari 2011. "Dia juga mengakui ada pembelokan dalam kasus ini."

Kata Susno, ada dua penanggung jawab kasus ini, yakni Bambang Hendarso Danuri yang saat itu menjadi Kapolri dan tim independen yang diketuai Irjen Pol. Mathius Salempang.

Susno, tambah Johnson, menyatakan pembelokan itu berawal dari temuan uang di rekening Gayus senilai Rp28 miliar. Ketika itu, seorang direktur di Bareskrim Mabes Polri mengurangi jumlah tersangka dari dua menjadi satu orang. Kemudian, seorang jenderal berbintang satu mencabut pemblokiran rekening Gayus tanpa melapor ke PPATK maupun Susno, selaku atasannya saat itu.

"Memang, tadi Pak Susno tidak mau menjelaskan ke mana uang beredar dari Rp28 miliar itu. Tadi dia hanya bilang, uang yang beredar itu ada juga ke polisi."

Profil Faisal Halim, Pemain Timnas Malaysia yang Disiram Air Keras oleh Oknum Tak Dikenal

Ihwal dana Rp28 miliar ini akan menjadi kasus Gayus selanjutnya, setelah dia divonis tujuh tahun penjara atas tuduhan menerima suap dari PT Surya Alam Tunggal dan menyuap sejumlah aparat penegak hukum.

Johnson juga mengungkapkan, Susno bersedia diperiksa kembali agar kasus Gayus tuntas. Namun, ia menolak diperiksa dan di-BAP oleh jajaran penyidik saat ini. 

Jadi?

Anaknya Kumpul Bareng Keluarga Sule, Nathalie Holscher: Bahagia Selalu Ya Adzam

"Pak Susno minta sebaiknya SBY yang memerintahkan langsung Kapolri memeriksa dia, supaya kasus ini bisa jelas," Johnson menirukan Susno.

Seperti diketahui, Susno lah yang pertama kali mengungkap kasus mafia pajak Gayus Tambunan. Namun, kata Johnson, "Dia belum pernah disidik dalam kasus Gayus. Padahal, dia yang membongkar kasus itu dan dia tahu banyak. Tapi, dia malah dikenai kasus lain, yaitu penyuapan PT Arwana."

Susno Duadji ada dalam daftar nama-nama yang akan dipanggil dan dimintai keterangan oleh Panitia Kerja Pemberantasan Mafia Hukum dan Perpajakan DPR.

Selain Susno, Panja berencana memanggil Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan, Menteri Keuangan, Direktur Jenderal Pajak, Menteri Hukum dan HAM, mantan Kapolri Bambang Hendarso Danuri, serta Gayus Tambunan sendiri. (kd)

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Kata Shin Tae-yong Usai Justin Hubner Tak Diizinkan Cerezo Osaka Gabung Timnas Indonesia U-23

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong buka suara terkait gagal bergabungnya Justin Hubner ke dalam skuad yang akan melakoni laga playoff Olimpiade 2024.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024