Kasus Gayus Tambunan

Kapolri Beber Penyimpangan di Tubuh Polri

Calon Kapolri Komjen Timur Pradopo
Sumber :
  • ANTARA/Agung

VIVAnews -- Kapolri Jenderal Timur Pradopo menegaskan bahwa kepolisian telah melakukan audit kinerja dan keuangan atas institusi itu. Audit itu khusus dilakukan untuk mencari tahu penyimpangan dan pelanggaran terkait  dengan kasus Gayus Tambunan.

Kapolri menegaskan bahwa dari audit itu memang  tidak ditemukan penyimpangan dalam penggunaan anggaran Polri 2009-2010. Kesalahan ditemukan dalam penggunaan wewenang.

"Memang ditemukan penyalahgunaan wewenang di penyidik Bareskrim," kata Timur dalam rapat kerja dengan Komisi Hukum DPR, Senin 24 Januari 2011.

Menurut dia, penyalahgunaan itu antara lain: rekayasa laporan polisi, mengubah  tersangka menjadi saksi, rekayasa fakta penyidikan, pemblokiran rekening Gayus tidak prosedural, rekayasa penerapan pasal persangkaan sampai dengan penyerahan berkas perkara, pemeriksaan.

"Pemeriksaan saksi dan tersangka tidak prosedural, dilaksanakan di hotel/di luar kantor," beber Kapolri.

Timur juga mengungkapkan bahwa penyalahgunaan wewenang terjadi di rutan Brimob Kelapa Dua. Antara lain, pemberian ijin ke luar rutan secara tidak sah, fasilitas antar jemput untuk Gayus, serta tidak melapor pada atasan. Juga, "penerimaan gratifikasi Rp380 juta," ujar Timur.

Kapolri memastikan bahwa anggota kepolisian yang salah itu,  telah dijatuhi sanksi. Mereka antara lain  Kompol Arafat. Ia diusulkan diberhentikan dengan tidak hormat. Kompol Arafat Enanie  telah divonis lima tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Sementara AKBP Mardiani, AKBP Pambudi Pamungkas, AKBP Budi Sampurno, Brigjen Edmon Ilyas dan Brigjen Raja Erizman masih dikaji.

"Kompol Iwan Siswanto dkk masih menunggu proses sidang. hukuman disiplin dan kode etik setelah putusan pengadilan," ujar Timur.

Anaknya Dituding Selingkuhan Rizky Nazar, Ibu Salshabilla Adriani: Bunda Tahu Sakitnya Hati kamu
Ilustrasi tembakan.

Anggota Polresta Manado Ditemukan Tewas di Mampang Sedang Cuti

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Ade Rahmat Idnal mengatakan bahwa anggota Satlantas Polresta Manado, Sulawesi Utara yakni Brigadir Ridhal Ali Tomi ditemukan tewas.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024