Sutjipto Akhirnya Tak Dukung Pansus Pajak

Caleg Sutjipto, Septi Notariana (kiri) dan Jose Dima Satria (kanan)
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews - Sutjipto, satu-satunya politikus Demokrat yang menurut Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Pramono Anung, masih mendukung pembentukan Panitia Khusus Angket Pajak, akhirnya menarik dukungan.

PKB Loyo Mau Gulirkan Hak Angket: Prabowo Sudah Keliling Partai

Menurut Sutjipto, fraksinya sudah memutuskan tidak mendukung usul Angket itu. "Kalau sudah putusan fraksi, saya akan ikut menarik," katanya saat ditanya VIVAnews, Rabu 26 Januari 2011 malam.

Sutjipto yang sebelumnya getol bicara mengenai perlunya Pansus ini menyatakan penarikan dukungannya sebenarnya sudah tak diperlukan karena surat usulan itu secara hukum sudah tak berlaku. "Karena syaratnya kurang," katanya.

Sebelumnya, usulan itu diteken 30 orang di mana delapan di antaranya berasal dari Partai Demokrat. Namun, menjelang pengambilan keputusan DPR, tujuh politikus Demokrat mengundurkan diri sehingga usul Hak Angket Pajak tidak lagi didukung minimal 25 orang sebagai syarat minimum.

Hak angket ini direncanakan fokus pada penyelidikan mafia pajak, antara lain untuk mengetahui intervensi dari instansi pajak atas proses pengadilan pajak. Selain itu, menyelidiki sistem pembinaan, pengawasan, dan penindakan yang dilakukan instansi pajak terhadap petugas yang melanggar hukum, hingga seberapa besar kerugian negara akibat kebocoran dan tak efektifnya penerimaan pajak. Dengan hak angket ini, DPR bisa memanggil siapa pun, pejabat apa pun, dan dalam posisi apa pun.

Deretan mobil bekas di WTC Mangga Dua, Jakarta Pusat.

Daftar Harga Pajero Sport Bekas dan Pajak Tahunannya

Bagi Anda yang ingin merasakan ketangguhan dan kemewahan Pajero Sport generasi ketiga tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, pasar mobil bekas menawarkan pilihan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024