Daftar Saham Paling Untung di Akhir Pekan?

pialang di bursa saham
Sumber :
  • Rosa Panggabean

VIVAnews - Hari ini, Jumat 4 Februari 2011 merupakan hari terakhir perdagangan saham dalam sepekan, yang biasanya diikuti aksi ambil untung para pelaku pasar. Namun, terdapat sejumlah saham yang diprediksi masih mengalami penguatan harga cukup besar (top gainer) karena diminati investor.

Berikut, saham-saham yang bakal masuk dalam daftar teratas top gainer hari ini menurut Robin Setiawan, analis sekuritas asing di Jakarta saat dihubungi VIVAnews.com: Saham PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT United Tractors Tbk (UNTR), PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), dan PT Harum Energy Tbk (HRUM).

Menurut dia, saham-saham tersebut diperkirakan mengalami penguatan harga cukup besar karena terdorong harga minyak mentah dunia yang saat ini bercokol di atas level US$100 per barel dan bakal diikuti penguatan harga komoditas tambang maupun minyak sawit mentah (CPO). "Saham-saham itu kan terkait sektor tambang dan agribisnis yang selalu diuntungkan dengan peningkatan harga minyak mentah," ujarnya.

Seperti diketahui, saham-saham tambang dan agribisnis tercatat masuk dalam 10 besar daftar top gainer pada transaksi Rabu 2 Februari 2011 yakni saham Harum Energy yang bercokol di posisi kelima dengan penguatan Rp400 (4,87 persen) ke level Rp8.600. Astra Agro Lestari di urutan berikutnya, dengan peningkatan harga Rp400 atau 1,78 persen di posisi Rp22.850, dan Indo Tambangraya Megah di posisi kesembilan karena menguat Rp200 (0,42 persen) menjadi Rp47.400.

Sementara itu, saat indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia ditutup menguat 38,32 (1,11 persen) ke level 3.480,83 Rabu lalu, sektor komoditas (tambang dan perkebunan) mencatat memberikan kontribusi besar terhadap penguatan IHSG. Tambang menguat 44,47 poin atau 1,40 persen menjadi 3.199,36, sedangkan agrobisnis naik 31,86 (1,53 persen) di posisi 2.102,88. (hs)

Alarm Bahaya kalau PDIP Takluk dan Pemerintahan Prabowo Tanpa Oposisi, Kata Pengamat
Logam mulia emas.

Geopolitik Global Makin Bergejolak, Wamen BUMN: Menyimpan Emas Paling Aman

Komoditas emas dinilai sebagai investasi yang paling aman di tengah gejolak geopolitik global yang saat ini sedang terjadi.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024