Bumi Plc Bidik Tambang Batu Bara

Tambang batu bara
Sumber :
  • www.warwick.ac.uk

VIVAnews - Bumi Plc sedang membidik tambang batu bara dan batu berharga guna meningkatkan nilai perseroan.

"Perusahaan harus mengembangkan aset dengan mengakuisisi tambang lain," kata Chairman Bumi Plc, Nirwan Bakrie, di sela ziarah ke makam H Achmad Bakrie untuk memperingati HUT Bakrie ke-69 di Tempat Pemakaman Umum (TPU), Karet Bivak, Jakarta, 10 Februari 2011.

Bumi Plc adalah nama baru Vallar Plc setelah penyelesaian transaksi 'tukar guling' dengan PT Bakrie and Brothers Tbk yang diharapkan rampung akhir bulan ini. Melalui transaksi itu, Vallar akan memiliki sekitar 25 persen saham di PT Bumi Resources Tbk.

Setelah transaksi tersebut ditandatangani, Bakrie akan menguasai 43 persen saham di perusahaan tersebut.

Namun, menurut Nirwan, manajemen Bumi Plc hingga saat ini belum melakukan rapat direksi untuk membicarakan rencana akuisisi tambang tersebut. "Tidak ada guidance (arahan) dari kami, mereka (manajemen) sendiri yang akan jalan," ujar Nirwan.

Sementara itu, Direktur Utama dan Chief Executive Officer (CEO) Bakrie and Brothers, Bobby Gafur Umar, mengatakan, saat ini perseroan memang sedang memproses beberapa rencana terkait pengembangan aset. Namun, Bobby tidak menjelaskan detail upaya yang akan dilakukan.

Direktur Utama Bumi Plc, Ari S Hudaya, juga belum bersedia menjelaskan lebih lanjut mengenai rencana perseroan tersebut. "Nanti setelah kembali dari London saya akan cerita," kata dia.

Sebelumnya, Bakrie & Brothers dan beberapa kelompok usaha Bakrie, telah menandatangani perjanjian jual beli (sale and purchase agreement) dengan
Vallar Plc untuk melepas sekitar 5,2 miliar sahamnya di Bumi Resources (BUMI) pada harga Rp2.500 per unit.

Melalui penandatanganan perjanjian jual beli tersebut, Bakrie akan memperoleh
sekitar 90,1 juta saham baru di Vallar. Bakrie & Brothers sendiri akan menerima sekitar 50,5 juta saham baru di Vallar seharga GBP 10 per saham.

Kembali Sapa Penggemar di Saranghaeyo Indonesia, Xiumin EXO Akui Kangen Berat ke Fans
Masiroh, TKW asal Jawa Barat pulang setelah dikabarkan meninggal 22 tahun lalu

22 Tahun Dikabarkan Meninggal, Masiroh Kembali dan Ceritakan Kisahnya di Suriah

Seorang TKW bernama Masiroh pulang ke kampung halamannya di desa Pranggong, kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat setelah 22 tahun dikabarkan meninggal dunia.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024