Satgas Akui Harta Gayus Masih Gelap

Foto Gayus Tambunan yang beredar di internet.
Sumber :
  • kaskus.us

VIVAnews - Ketua Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum Kuntoro Mangkusubro tidak yakin aparat mengetahui total harta yang dimiliki terdakwa kasus penggelapan pajak, Gayus Tambunan.

"Yang sudah diketahui yang ada di safe deposit box," kata Kuntoro di Kantor Satgas, Rabu 16 Februari 2011.

Namun Kuntoro meyakini Gayus masih memiliki harta lain, dari yang sudah diketahui saat ini. Harta itu termasuk juga dalam bentuk valuta asing, yang saat ini diperkirakan disimpan di luar negeri.

"Yang lainnya saya yakin ada, dan sedang diselidiki PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan). Angka belum pasti, saya kira lebih banyak (dari yang sudah diketahui saat ini)," ujar Kuntoro.

Selain itu, hingga saat ini PPATK masih melakukan penelusuran harta Gayus yang dikabarkan ada di sejumlah negara, seperti Singapura, Amerika Serikat, Malaysia, dan Macau. Namun hingga saat ini informasi yang diminta PPATK belum ditemukan di database rekan PPATK di Singapura, Amerika Serikat, dan Macau.

"Counterpart (rekan) PPATK meminta informasi yang lebih detail mengenai bank notes tersebut. Misalnya jumlah uang, denominasi, dan nomor serial. Informasi ini diharapkan membantu pencarian informasi yang diminta," kata Kuntoro.

Kuntoro memang ditugaskan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono  mendampingi Wapres Boediono mengawasi kasus Gayus berdasarkan Instruksi Presiden nomor 1 tahun 2011. Hingga saat ini, Presiden telah mendapat sejumlah laporan perkembangan kasus Gayus. "Terakhir itu sepuluh hari yang lalu," ucap Kuntoro.

Sementara itu, anggota Satgas Mas Ahmad Santosa mengatakan, secara umum progres yang dilaporkan ke Presiden terkait tiga hal. Pertama mengenai penanganan perkara. Kedua,  tentang tindakan disiplin dan administratif kepada aparat. Serta ketiga, pembenahan sistem kerja dan aturan yg membuka celah praktek mafia hukum. (umi)

Arkhan Fikri Jadi Sorotan Usai Indonesia U-23 ke Semifinal
Pratama Arhan dan Azizah Salsha berpelukan

Momen Pratama Arhan Peluk Mesra Azizah Salsha Usai Timnas Indonesia Lolos Piala Asia U-23

Setelah Timnas Indonesia U-23 berhasil melaju ke semifinal Piala Asia U23 2024 pada Jumat 26 April dini hari, Pratama Arhan dan Azizah Salsha menampilkan momen kemesraan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024