Menkeu Geram Tangkapan Bea Cukai Dijarah

Ribuan minuman keras ilegal yang disita Bea Cukai
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadie

VIVAnews- Menteri Keuangan Agus Martowardoyo geram dengan aksi pencurian terhadap kapal tangkapan Bea dan Cukai. Apalagi, sudah tiga kali barang selundupan dicuri oleh perusuh.

"Masa kapal sudah ditangkap Bea Cukai, di dalamnya ada barang selundupan, kok bisa diambil perusuh dan sudah 3 kali kejadian," ujar Agus Martowardojo di kantornya, Jalan Wahidin, Jakarta, Rabu, 16 Februari 2011.

Menurut Agus, aksi penjarahan tersebut di luar batas karena Bea Cukai sebagai regulator keluar masuknya barang di Tanah Air justru diserang oleh kelompok yang sengaja ingin mengambil barang selundupan. Menkeu juga menurunkan tim khusus untuk melakukan investigasi.

Sebagai catatan, aksi penjarahan kapal tangkapan Bea Cukai ini terjadi di wilayah kawasan khusus Batam Bintan Karimun (BBK). Kala itu aparat berhasil mengamankan kapal berisi 7 ribu keping pita cukai minuman keras palsu.

"Saya tidak tahu bekingnya siapa, tapi zaman sudah berubah. Ini tidak boleh terjadi lagi, ini merupakan kedaulatan Indonesia," kata Agus.

Agus juga telah melaporkaan aksi penjarahan tersebut kepada presiden dan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM.

Dengan adanya kejadian tersebut, Menkeu meminta agar jajaran Bea Cukai terus meningkatkan kinerjanya disamping meningkatkan kerjasama lebih baik dengan aparat penegak hukum lain, serta TNI.

"Saya sudah keluarkan instruksi, saya akan kirim tim khusus ke sana untuk memperkuat organisasi dan saya tidak akan berhenti untuk minta proses penegakan hukum," katanya.

Disamping itu, Kemenkeu juga meminta adanya kemudahan bagi aparat Bea Cukai mempunyai kewenangan untuk melakukan tembak ditempat kepada para pelaku pencurian itu. Namun aksi itu harus dilakukan dengan tetap memperhatikan asas yang berlaku. (hs)

Terpopuler: Ini yang Terjadi Jika Wanita Konsumsi Viagra, Waktu Tidur Bisa Pengaruhi Kondisi Mental
Pemain Timnas Indonesia U-23

Top Trending: Jerome Polin Jadi Sasaran Netizen hingga Imam Masjidil Haram Cari Kuliner Indomie

Artikel mengenai Viral! Imam Masjidil Haram Syekh Sudais Cari Indomie di Stand Kuliner Mahasiswa Indonesia berada di posisi terpopuler pertama pada kanal trending

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024