Kapal Iran Dekati Mesir, Harga Minyak Naik

kilang minyak
Sumber :
  • www.dpi.vic.gov.au

VIVAnews - Israel mengawasi dengan ketat pergerakan kapal perang Iran yang dilaporkan akan melintasi Terusan Suez, Mesir, menuju Suriah melalui Laut Mediterania.

Ini Mobil Andalan Pelatih Timnas Shin Tae-yong untuk Jalan-jalan di Indonesia

Situasi ini membuat harga minyak mentah dunia meningkat karena para pelaku pasar khawatir atas potensi konflik di Terusan Suez, yang merupakan salah satu jalur distribusi strategis.

Stasiun berita CNN melaporkan, harga minyak mentah untuk distribusi Maret pada transaksi di bursa New York Rabu sore waktu setempat naik 1,2 persen menjadi US$85,95 per barel. Di bursa Inggris, harga minyak mentah Brent naik 2,1 persen menjadi US$103,31 per barel.

Andrew Lebow, pengamat dari MF Global, mengimbau para pedagang untuk tetap waspada karena perkembangan di Terusan Suez masih belum jelas.

“Laporannya masih mentah saat ini, tapi berita kapal perang Iran di Suez memang membuat pasar sedikit naik. Pasar saat ini tengah mencari informasi lebih banyak lagi, tapi saat ini berita yang mengulas hal ini masih sedikit,” ujar Lebow.

Kapal perang Iran dilaporkan akan melakukan latihan setahun penuh dengan mengambil jalur mulai dari Teluk Aden, Laut Merah, Terusan Suez, Laut Mediterania dan kemudian berlabuh di Suriah. Menteri Luar Negeri Israel Avigdor Lieberman mengatakan Iran telah melakukan provokasi dan Israel akan terus memantau pergerakan kapal tersebut.

Terusan Suez, terletak di antara Asia dan Afrika, merupakan jalur perairan strategis. Jutaan galon minyak menuju Eropa dan Amerika Utara melalui jalur ini setiap harinya.

Resmikan Masjidnya di Uganda, Ivan Gunawan Potong Sapi hingga Bagi-bagi Hijab, THR dan Alquran

Harga minyak sebelumnya meningkat akibat pergolakan di Mesir yang hampir menyebabkan Terusan Suez ditutup. Harga minyak kemudian turun lagi sesaat setelah Hosni Mubarak mengundurkan diri sebagai presiden Mesir pada 11 Februari lalu.

Aplikasi Bank Jago dan Gojek.

Laba Bersih Bank Jago Naik 24 Persen Kuartal I-2024, Intip Sumber Cuannya

PT Bank Jago Tbk membukukan laba bersih setelah pajak (net profit after tax) sebesar Rp 22 miliar per akhir Maret 2024 atau kuartal I-2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024