Kasus Gayus

Polisi Kini Fokus pada Belasan Perusahaan

Gayus Tambunan menjalani sidang Pledoi
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Polri terus melakukan penyelidikan terhadap 44 perusahaan wajib pajak yang ditangani tersangka mafia pajak, Gayus Tambunan. Dari 44 wajib pajak yang diselidiki itu, Polri kini lebih mengerucut ke belasan perusahaan.

Kelanjutan Nasib Hyoyon SNSD, Bomi Apink hingga Im Nayoung Pasca Paspornya Ditahan Imigrasi Bali

Bersama Komisi Pemberantasan Korupi dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan, Polri meneliti dokumen 44 wajib pajak yang ditangani langsung oleh Gayus itu. Dari jumlah itu kami kini lebih fokus pada belasan perusahaan," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta, Kamis 17 Februari 2011.

Namun, Boy enggan menyebutkan nama-nama perusahaan yang menjadi fokus pemeriksaan itu. "Pokoknya perusahaan yang ada diantara 151 itu, tidak lebih tidak kurang," kata dia.

Dalam melakukan penyelidikan, kata Boy, Polri mencari bukti-bukti ada tidaknya unsur penyalahgunaan wewenang atau korupsi yang dilakukan Gayus. "Mudah-mudahan terhadap beberapa perusahaan yang difokuskan akan ada bukti atau petunjuk baru yang dapat dimanfaatkan oleh penyidik," kata dia.

Berdasarkan proses penyelidikan, kata Boy, hingga saat ini Polri belum menyimpulkan apakah perusahaan-perusahaan itu melakukan tindakan pidana atau tidak. "Kami masih mencari apakah ada penyalahgunaan wewenang dalam hubungan pegawai pajak dengan wajib pajak," kata dia.

Dia menambahkan, Polri juga akan memanggil beberapa perusahaan yang pajaknya ditangani Gayus.

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik
Bandara internasional Supadio Pontianak, Kalbar.

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menyampaikan Bandara Supadio Pontianak tidak lagi melayani penerbangan Internasional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024