Krisis di Libya, Harga Minyak US$100/Barel

Reaksi para pialang di New York melihat pergerakan harga minyak
Sumber :
  • AP Photo/Mary Altaffer

VIVAnews - Pergolakan di Libya turut berdampak besar pada harga minyak mentah. Di bursa New York dan London, harga minyak mentah kini sudah menyentuh level US$100 per barel.

Menurut kantor berita Associated Press (AP), pada transaksi Rabu sore waktu setempat atau Kamis pagi WIB, harga minyak mentah naik lebih dari empat persen menjadi US$100 per barel. Di bursa London, harga minyak mentah bahkan melonjak lima persen menjadi US$111,25 per barel.

Harga minyak di London sudah melampaui US$100 per barel sejak 31 Januari lalu. Namun, di bursa New York, baru kali ini harga menyentuh US$100 per barel dalam dua setengah tahun terakhir atau sejak Oktober 2008.

Menurut kalangan pengamat, penyebab utama lonjakan besar harga minyak mentah ini adalah pergolakan anti rezim Muammar Khadafi di Libya. Negeri itu diyakini memiliki cadangan minyak mentah terbesar di Afrika, sehingga krisis di negeri tersebut sangat mempengaruhi sentimen pasar.

Libya dilihat sebagai negara produsen minyak pertama yang terkena virus revolusi di kawasan Timur Tengah sejak Januari lalu. Bagi pengamat, Libya memproduksi dua persen dari total output minyak mentah dunia, sehingga meningkatnya kekerasan dan kerusuhan di negara itu bisa mengganggu sesama produsen yang bertetangga.

"Para investor tengah memantau apa yang tengah terjadi di Timur Tengah dan melihat kemungkinan terjadinya fenomena domino," kata Ron Kiddoo, pengamat dari Cozad Asset Management, yang dikutip stasiun berita CNNMoney.

Melonjaknya harga minyak mentah itu juga mempengaruhi harga bensin. Di AS, harga bensin menjadi sekitar US$3,20 per galon. Menurut AP, ini merupakan harga bensin tertinggi sejak awal Februari tahun ini. (art) 

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga
Praz Teguh.

Praz Teguh Nilai Wanita dari Mata Kaki, Reaksi Netizen Pro Kontra

Bagi Praz Teguh, ketika melihat seorang wanita ia tidak suka memandangi bagian dada ataupun pinggang yang menunjukkan seberapa seksi tubuh wanita itu. Tapi dari mata kaki

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024