Mei, Mandala Siap Terbang Lagi

Maskapai Mandala
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - PT Mandala Airlines menyatakan kesiapannya untuk beroperasi kembali pada awal Mei 2011. Hari ini, Kamis 3 Maret 2011, batas waktu pengajuan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) yang diajukan Mandala telah habis.

Secara legal, Mandala telah keluar dari proses PKPU sesuai dengan batas waktu 45 hari yang diberikan Pengadilan Niaga Jakarta Pusat. Mandala mengajukan PKPU pada 13 Januari 2011 kepada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

"Selanjutnya, kami akan fokus untuk bernegosiasi dengan investor," kata Kepala Komunikasi Perusahaan Mandala Airlines, Nurmaria Sarosa, ketika dihubungi VIVAnews.com di Jakarta, Kamis 3 Maret 2011.

Nurmaria menjelaskan, proses finalisasi dengan investor Mandala diharapkan selesai dalam 1-2 pekan ke depan. Investor tersebut nantinya akan menutup seluruh utang Mandala.

"Tapi, kami belum bisa publikasikan siapa mereka, karena ada perjanjian kerahasiaan," kata dia.

Menurut dia, investor baru Mandala akan terdiri atas financial investor dan strategic investor. Namun, ketika disinggung apakah kedua investor baru tersebut berasal dari luar negeri, dia tidak bersedia menjelaskan. "Kami belum bisa sebutkan," tuturnya.

Meski demikian, ditanya apakah investor dari dalam negeri juga akan terlibat, Nurmaria tidak menolak maupun mengiyakan. "Belum bisa dipastikan apakah nantinya ada kombinasi investor dari dalam maupun luar negeri," katanya.

Sementara itu, dalam blog Mandala Airlines disebutkan, setelah proses penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) selesai, saat ini negosiasi dengan calon investor telah masuk dalam tahap finalisasi, sehingga diharapkan dapat diselesaikan pada pekan ketiga Maret 2011.

Jika sesuai dengan rencana, diharapkan awal Mei 2011 Mandala Airlines dapat mulai beroperasi kembali. Adapun proses refund tiket akan dijadwalkan setelah investor baru ditetapkan.

Sebelumnya, pada 24 Februari 2011, Mandala Airlines menggelar pertemuan kedua dengan kreditor, yang dihadiri manajemen Mandala Airlines serta pengurus yang ditunjuk pengadilan.

Dalam pertemuan tersebut, rencana perdamaian yang diajukan Mandala Airlines telah disetujui, sehingga membuka kesempatan bagi Mandala Airlines untuk dapat melanjutkan ke proses restrukturisasi selanjutnya. (umi)

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad
Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Teddy John Sahala Marbun saat memberikan keterangan pers Jendral TNI bintang dua gadungan.(B.S.Putra/VIVA)

Nekat Datangi Markas TNI, Mayjen Gadungan Ini Ingin Nitip Kerabat Masuk Akmil

Pria berinsial JJ, mengaku sebagai anggota TNI pangkat Mayor Jenderal ditangkap saat mendatangi Markas Kodam I Bukit Barisan (BB). Ternyata TNI gadungan

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024