Demo FPI DIY, Sekolah Ahmadiyah Dipulangkan

Aksi Demonstrasi Anti Ahmadiyah
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews -- Siang ini, Front Pembela Islam (FPI) akan mendemo Kantor Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Kompleks Kepatihan. Terkait sikap Gubernur yang menyatakan, tak akan mengeluarkan larangan kegiatan jemaah Ahmadiyah.

Salah satu koordinator aksi FPI DIY, Herman mengatakan demo akan dilakukan pukul 13.00 WIB. Massa diperkirakan mencapai ratusan orang. "Estimasinya 500 orang," kata dia saat dihubungi VIVAnews.com, Rabu 9 Maret 2011.

"Kami mendesak Sultan mengeluarkan SK pelarangan Ahmadiyah. Kami akan beraudiensi dengan Sultan, apa alasannya Sultan tidak mengeluarkan SK," tambah dia.

Aksi demo berimbas pada sekolah Ahmadiyah di Yogyakarta. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, murid-murid dipulangkan lebih awal. "Murid satu kompleks sekolah PIRI (Perguruan Islam Republik Indonesia) dipulangkan untuk antisipasi penyerangan massa ormas tertentu,"kata guru kesenian SMA PIRI, Sasongko kepada VIVAnews, Rabu siang.

Kompleks sekolah PIRI yang berada di dekat Stadion Mandala Krida terdiri dari SMA PIRI 1, SMK PIRI 1, SMK PIRI 2, SMP PIRI 1.

Dijelaskan dia, normalnya murid belajar sampai pukul 13.00 WIB. Namun hari ini, mereka dipulangkan pukul 10.30. "Kami khawatir massa bergeser ke sekolah atau saat siswa ramai-ramai pulang sekolah bertemu dengan kelompok yang mau menyerang, jadi berabe," kata dia.

Sementara, salah satu murid, Dian Inggar mengaku gurunya memulangkan murid-murid segera akibat aksi demo. Ia menyesalkan kalau sekolahnya ikut jadi sasaran. "Kami di sini belajar, tidak ngurusin Ahmadiyah, NU, Muhammadiyah," kata dia.

Sebelumnya, di tengah sejumlah daerah mengeluarkan larangan Ahmadiyah, Sultan Hamengkubuwono X menjamin tak akan mengeluarkan aturan serupa.

"Yogyakarta saat ini damai sehingga tidak perlu ada provokasi," kata Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan HB X, saat berkunjung ke Bantul, Kamis, 3 Februari 2011.

Menurut Sultan, keberadaan Ahmadiyah di Yogyakarta tidak pernah menimbulkan masalah. "Bagi daerah yang mengeluarkan SK pelarangan Ahmadiyah, itu inisiatif mereka untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan." (sj)

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Laporan: Erick Tanjung| DIY

Ria Ricis

Ria Ricis Ngonten Pakai Siger Sunda, Netizen: Kode Pengen Jadi Manten Lagi

Ria Ricis membuat transisi make up yang di awal wajahnya terlihat sangat polos serta hanya berpakaian kaos dengan jilbab hitam, kemudian ia menari-nari kecil.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024