Sensasi Gurami Mercon Super Pedas

Gurami Mercon
Sumber :
  • VIVAnews/ Peni Widarti

VIVAnews - Berbagai cara dilakukan pengusaha kuliner untuk menarik pengunjung menyantap hidangan di restorannya. Seperti pemilik kedai ikan di Jalan Kamboja, Denpasar, Bali, yang menawarkan sajian ikan berbumbu pedas: 'Gurami Mercon'.  

Bagi Anda yang gemar makanan pedas boleh bertandang ke kedai tersebut. Kata mercon dipilih untuk menggambarkan tingkat kepedasan luar biasa yang mendominasi bumbu masakannya.

"Mercon itu kan identik dengan ledakan, nah asumsi kami mengapa tidak jika saya menggunakan nama bebek mercon dan gurami mercon yang rasanya memang mercon alias superpedas," ujar Budi, sang pemilik kedai, saat berbincang dengan VIVAnews.

Kedai yang dirintis pria asal Surabaya itu awalnya hanya bergelut dengan menu bebek berbumbu pedas. Sajian ikan yang kini menjadi andalan justru hadir melalui proses diversifikasi menu di kemudian hari.

"Ada seorang teman menyarankan menu lain selain bebek, tapi dengan kondisi yang sama. Sehingga saya mencoba memadukan bumbu-bumbu rempah untuk menu guraminya dengan menambahkan sedikit taste China," ucapnya.

Budi yang ditemui di kedainya pun tak ragu membagi resep 'gurami mercon' kreasinya. Sebelum digoreng, rendam ikan gurami ke dalam bumbu rempah yang terbuat dari campuran kunyit, jahe, daun jeruk, dan garam.

Untuk racikan sambal 'mercon', siapkan sejumlah cabe sesuai selera, bawang merah, bawang putih, terasi, dan garam. Goreng semua bumbu ini, lalu ulek di atas cobek.

Lalu, kembali siapkan wajan untuk menumis irisan bawang bombay dan tomat yang dipotong dadu. Setelah harum, masukkan sambal yang telah dihaluskan. Angkat, lalu siram bumbu pedas ini di atas gurami goreng. "Tapi, saat menumis, kami menambahkan sedikit beberapa bumbu rahasia lainya untuk menciptakan taste China dalam gurami mercon," katanya.

Seorang pelanggan kedai ini, Dewa Gede Raka, mengungkapkan, rasa gurami mercon buatan Budi sangat berbeda dengan gurami goreng pada umumnya. "Bedanya mungkin di bumbu, karena yang ini rasanya lebih menyentuh terutama pada rasa manis dan sedikit asam," ujarnya.

Sajian satu porsi gurami mercon di kedai ini ditawarkan seharga Rp19 ribu. Dengan seporsi nasi putih panas dan es teh manis sebagai pelepas dahaga, menu yang satu ini cocok untuk hidangan santap siang saat bertandang ke Bali. (pet)

Laporan : Peni Widarti| Bali

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi
Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024