Polri Konfrontir Tiga Jaksa Gayus Tambunan

Kesaksian Cirus Sinaga
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Tiga mantan jaksa peneliti perkara Gayus Tambunan dikonfrontir dalam perkara mafia hukum dengan tersangka jaksa Cirus Sinaga.

"Jaksa Fadil Regan dikonfrontir dengan jaksa Eka Sukma Sari dan jaksa Ika Savitri," kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Anton Bahrul Alam di Mabes polri, Jakarta, Rabu 13 April 2011.

Anton menambahkan, Fadhil tak hanya dikonfrontir dengan sesama mantan jaksa peneliti kasus Gayus. Menurut dia, Fadhil juga dikonfrontir dengan bekas penyidik Gayus. "Ada juga konfrontir antara jaksa Fadil Regan dengan Kompol Arafat dan AKP Sri Sumartini," kata Anton.

Polisi menuduh Cirus telah menghalang-halangi proses penuntutan Gayus di Pengadilan Negri Tangerang. Sehingga, mantan jaksa kasus Antasari Azhar itu dijerat dengan Pasal 21 dan 23 UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi.

Semula penyidik Mabes Polri menjerat Gayus dengan pasal korupsi dan pencucian uang. Namun, saat Kejaksaan menyatakan perkara Gayus belum lengkap (P19), Cirus menyarankan penyidik untuk menambahkan pasal 372 KUHP tentang Penggelapan.

Dugaan keterlibatan Cirus dalam mafia hukum semakin kuat. Pasalnya, dalam surat dakwaan, Gayus hanya dijerat dengan pasal penggelapan yang disarankan Cirus. Sementara pasal korupsi dan pencucian uang dihilangkan.

Dengan pasal penggelapan itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) hanya mempermasalahkan uang sebesar Rp370 juta dari total uang sekitar Rp28 miliar yang berada di dalam rekening Gayus. Bahkan, Jaksa hanya menuntut Gayus dengan satu tahun masa percobaan karena dianggap melakukan penggelapan uang Rp370 juta itu saat menangani pajak PT Megah Jaya Garmindo.

Akhirnya, majelis hakim PN Tangerang pun menjatuhkan vonis bebas kepada bekas pegawai pajak tersebut. Dari sinilah Polri menuding Cirus terlibat dalam praktik mafia hukum. (eh)

Profil Epy Kusnandar, Pemeran Kang Mus Preman Pensiun Ditangkap karena Kasus Narkoba
Viral Video Pengalaman Tinggal Dekat Lanud, Netizen: Serasa Lagi Perang

Top Trending : Pengalaman Tinggal Dekat Landasan Udara hingga Anak Kiai Sering Open BO Waria

Ada beberapa artikel yang menjadi pusat perhatian publik di Indonesia sehingga mendapatkan banyak pembaca untuk kanal Trending VIVA.co.id pada Sabtu, 4 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024