Suburkan Rambut Lewat Yoga

yoga untuk kesehatan rambut
Sumber :
  • Idiva

VIVAnews - Rambut rontok tak jarang menjadi masalah paling menjengkelkan dan membuat wanita kehilangan percaya diri. Apalagi ketika sejumlah perawatan rambut tak mampu menghentikan kerontokan yang terjadi.

Segera cari tahu sebabnya. Ada empat penyebab utama pengganggu keindahan rambut itu. Bisa bermula dari stres, ketidakseimbangan hormon, masalah pencernaan, atau nutrisi yang tidak memadai.

Jangan sembarangan menggunakan ramuan penyubur rambut atau mengikuti perawatan rambut super mahal di salon. Coba beralih ke yoga sembari mengonsumsi makanan bergizi untuk mengatasi kerontokan rambut, seperti dikutip dari laman Idiva:

Stres pembunuh rambut
Untuk meredakan stres, beberapa latihan pernapasan bisa membantu mengatasinya. Teknik yoga Pranayam dianggap sebagai latihan pernapasan penghilang stres.

Giri Talwalkar, salah satu pendukung pusat kebugaran Talwalkar merekomendasikan, "Pranayam terutama anulom vilom merupakan teknik bernapas menghirup oksigen dari satu lubang hidung dan mengeluarkan karbondioksida dari lubang hidung lainnya. Ini sangat baik untuk relaksasi dan pengurangan stres."

Atasi dengan yoga
Sirkulasi darah ke kulit kepala harus berjalan lancar. Giri Talwalkar merekomendasikan tiga asana.

Sirsasana, menyeimbangkan seluruh tubuh Anda dengan tumpuan kepala dan kaki lurus ke atas. Sarvangasana menyeimbangkan tubuh di atas kepala dan bahu sambil menyangga pinggul dengan telapak tangan. Ustrasana atau pose unta merupakan posisi tubuh membungkuk ke belakang saat Anda berlutut dan kunci tumit kaki dengan tangan.

Asana ini meningkatkan sirkulasi wajah, kulit kepala dan tiroid sehingga meningkatkan kesehatan rambut. Kulit pun akan tampak muda dan bersinar sekaligus membantu mengembalikan ketidakseimbangan hormon. Namun, melakukan asana harus di bawah pengawasan ahli, karena berisiko patah tulang belakang.

Sembelit picu kerusakan rambut
Masalah perut bisa memicu kerontokan rambut. Talwalkar menyarankan Pawanmuktasana. Posisi yoga ini membantu menyembuhkan sembelit. Caranya berbaring di lantai dan bernapas. Ketika Anda mengeluarkan napas, peluk lutut ke dada. Gerakan bersama dengan Ustrasana juga sangat baik untuk pencernaan dan metabolisme. "

Lakukan praktek teknik yoga tersebut selama beberapa periode untuk mengembalikan kesuburan rambut. Namun, tetap diimbangi asupan makanan sehat. Kekurangan vitamin tertentu dan lemak bisa berdampak buruk untuk rambut.

Ahli gizi berbasis Mumbai Naini Setalvad berkata, "Jika Anda sedang melakukan diet rendah lemak, Anda berisiko mengalami rambut rontok karena lemak diperlukan untuk menyerap vitamin A dan E yang merupakan nutrisi penting untuk rambut. Nutrisi penting lainnya adalah Vitamin B kompleks, B12, vitamin C, protein dan karbohidrat."

Vitamin A bisa diperoleh dari labu ,aprikot kering , wortel dan bayam. Sementara Vitamin E bisa didapat dari bibit gandum, almond, avokad dan kelapa. Vitamin B kompleks terdapat dalam makanan kaya karbohidrat seperti gandum dan beras. Vitamin C pada berry, lemon, jeruk dan jambu biji.

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun
Menteri Sosial Tri Rismaharini

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Pakar komunikasi politik mengatakan sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini cukup populer di Jawa Timur tetapi elektabilitasnya tidak setinggi Khofifah Indar Parawansa.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024