Oka Antara Angkat Budaya Banyumas Lewat Film

Oka Antara
Sumber :
  • VIVAnews/Gestina Rachmawati

VIVAnews – Setelah lama vakum dari dunia film, Oka Antara, kembali bermain ke layar lebar. Film yang dibintanginya diangkat dari sebuah novel tahun 1965. Novel itu berjudul ‘Ronggeng Dukuh Paruh.’ Namun Oka mengatakan, judul film itu sendiri masih belum pasti.

“Judul masih tentatif, masih dirahasiakan. Yang pasti ceritanya sama dengan novel ‘Ronggeng Dukuh Paruh,’ tentang sejarah Banyumas,” ujar Oka kepada VIVAnews.com saat ditemui di Lazuardi School, Kawasan Margasatwa, Jakarta Selatan, Kamis 28 April 2011.

Menurut Oka, ‘Ronggeng Dukuh Paruh’ adalah sastra besar yang pernah dimiliki negara indonesia. “Kebetulan saya menjadi pemeran utama, tapi saya nggak bisa ceritakan saya berperan sebagai siapa dalam film itu,” tutur Oka lagi.

Oka mengaku mendapat pelajaran penting dari beberapa seniornya yang ikut bergabung di film itu, antara lain Lukman Sardi, Slamet Raharjo, Tio Pakusadewo, dan Dewi Irawan. “Saya tidak tertekan dengan banyaknya senior dalam film ini,” terang Oka.

Proyek film terbaru Oka telah berjalan sekitar satu bulan setengah. ‘Ronggeng Dukuh Paruh’ menceritakan Srintil sebagai gadis Dukuh Paruk. Dukuh Paruk adalah sebuah desa kecil yang terpencil dan miskin. Namun, segenap warganya memiliki suatu kebanggaan tersendiri karena mewarisi kesenian ronggeng yang senantiasa mewarnai hari-hari mereka.

Tradisi ronggeng nyaris musnah setelah terjadi musibah tempe bongkrek beracun yang mematikan belasan warga Dukuh Paruk. Saat itu, gairah dan semangat kehidupan masyarakat setempat mendadak lenyap. Namun suatu masalah yang menimpa Srintil, kemudian membuatnya menjadi sorotan masyarakat Banyumas, dan menggairahkan kembali desa itu.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi
Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024