Tak Ada Orang Parpol di Pansel KPK

Seleksi Calon Pimpinan KPK
Sumber :
  • Antara/Fanny Octavianus

VIVAnews - Pemerintah sudah membentuk panitia seleksi untuk memilih calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi. Panitia seleksi iniĀ  terdiri dari 15-16 orang.

"Yang jelas isinya muka-muka lama. Yang baru cuma 2-3 orang," kata Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM, Achmad Ubbe, saat berbincang dengan VIVAnews.com, Kamis 5 Mei 2011.

Namun, Ubbe masih merahasiakan siapa-siapa saja anggota pansel KPK itu. "Yang jelas, Kemenkumham sudah menyerahkan CV nama-nama calon beserta ke Menkopolhukam untuk diserahkan ke Presiden. Siapa mereka, tidak etis buat kami sebutkan. Nanti kalau tidak jadi kan tidak enak," ujarnya.

Meski demikian, Ubbe menyebutkan bahwa pansel KPK ini akan diisi oleh tokoh masyarakat dan pemerintah. "Nah yang pemerintah itu misalnya dari penegak hukum yang sudah tidak aktif. Misalnya jaksa atau polisi," ujarnya. "Yang jelas tidak ada orang parpol."

Ubbe menjelaskan, pansel akan bekerja mencari pimpinan KPK periode 2011-2015 sekitar 3-4 bulan. "Desember 2011 ini kan semua pimpinan KPK akan berakhir sebelum habis dan kita harus sudah bekerja menyiapkan penggantinya, karena prosesnya juga panjang. Dari pansel terus ke DPR," jelasnya. (umi)

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus
Arsul Sani resmi dilantik sebagai Hakim Konstitusi MK

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK), Fajar Laksono menyatakan, tidak ada larangan bagi Hakim Konstitusi Arsul Sani untuk menyidangkan PHPU Pileg, termasuk dari PPP

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024