Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Ilustrasi memasak.
Sumber :
  • Pexels/rawpixel.com

VIVA Kuliner - Tradisi hantaran di Indonesia merupakan kebiasaan bertukar hadiah makanan atau barang lainnya sebagai bentuk ungkapan rasa syukur, kasih sayang, dan penghargaan kepada keluarga, kerabat, dan teman dekat. 

Makan Burger dari Restoran Terkenal di Arab Saudi, 75 Orang Keracunan

Tradisi ini biasanya dilakukan pada momen-momen spesial seperti Idul Fitri, Natal, Tahun Baru Imlek, pernikahan, dan acara-acara penting lainnya. Yuk, scroll untuk mengetahui sejarahnya.

Tradisi hantaran di Indonesia memiliki sejarah panjang yang berakar dari budaya dan adat istiadat berbagai suku bangsa di Nusantara. Di masa lampau, hantaran sering kali berupa hasil bumi, hewan ternak, atau barang-barang berharga lainnya sebagai simbol kemakmuran dan rasa hormat. Seiring waktu, tradisi hantaran berkembang menjadi lebih beragam dan disesuaikan dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat.

Prabowo Gelar Halal Bihalal Bareng 1.000 Pegawai Kemhan, Begini Pesannya

Ilustrasi makanan/kuliner halal.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Makna dan Filosofi Tradisi Hantaran

Cocok Buat Keluarga, Ini Bedanya Restoran Hotpot A La Carte dan All You Can Eat

Tradisi hantaran memiliki makna dan filosofi yang mendalam dalam budaya Indonesia. Berikut beberapa maknanya.

Ungkapan rasa syukur

Bertukar hantaran merupakan cara untuk mensyukuri atas limpahan rezeki dan kebahagiaan yang telah diterima.

Mempererat hubungan

Tradisi ini membantu mempererat hubungan silaturahmi antar keluarga, kerabat, dan teman.

Saling berbagi

Hantaran menjadi simbol kepedulian dan saling berbagi antar sesama.

Menjaga tradisi

Tradisi hantaran merupakan bagian penting dari budaya dan adat istiadat di Indonesia yang perlu dilestarikan.

Tradisi Hantaran di Era Modern

Di era modern, tradisi hantaran masih terus dilestarikan oleh masyarakat Indonesia. Namun, bentuk dan isi hantarannya telah mengalami beberapa perubahan. Hantaran kini tidak hanya berisi makanan, tetapi juga berbagai macam barang lainnya seperti kosmetik, elektronik, dan perhiasan.

Sarirasa Group, sebagai salah satu perusahaan kuliner ternama di Indonesia, turut melestarikan tradisi hantaran dengan menawarkan berbagai macam pilihan hantaran yang menarik dan berkualitas. Hantaran Sarirasa Group tersedia dalam berbagai macam bentuk dan isi, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget pelanggan.

Hantaran sendiri menjadi salah satu layanan Sarirasa Group, yaitu Sarirasa Catering, yang didirikan pada tahun 1975, bertujuan untuk menghormati, meningkatkan, melestarikan, dan mempromosikan kekayaan budaya Indonesia melalui layanan makanan untuk setiap acara.

"Sarirasa Catering bukan hanya mengenai perayaan pencapaian, tetapi juga sebagai cara untuk mengekspresikan simpati dan rasa hormat kepada sesama selama perayaan hari besar di Indonesia

seperti Idul Fitri, Natal, dan Tahun Baru Imlek,” ujar Lavinia Siswadi, Kepala Pemasaran Sarirasa Group dalam keterangannya, dikutip Jumat 26 April 2024.

“Ini merupakan momen di mana keluarga dan teman-teman merayakan kebersamaan melalui makan bersama atau mengirimkan tanda kasih berupa hantaran," sambungnya.

Sarirasa Catering memiliki beberapa layanan yang ditawarkan kepada pelanggan, di antaranya Catering In-House, Outside Catering, Layanan Pesanan Besar, hingga Hantaran berupa tumpengan, tampah, besek hingga rantang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya