Kopi Unggulan Indonesia Juara Dunia di  Specialty Coffee Expo 2024 Amerika Serikat

Ryan Wibawa, Juara Dunia Di Specialty Coffee Expo 2024
Sumber :
  • Yanri Subekti/ tvone/ Chicago

CHICAGOKopi Indonesia terpilih menjadi salah satu terbaik kopi yang dipamerkan di Specialty Coffee Expo 2024, yang di gelar di Chicago, Amerika Serikat.

BNN Pelajari Teknologi Investigasi Narkotika Milik DEA di AS 

Dalam Kompetisi Kopi Terbaik Dan Penyajiannya, yaitu 2024 World Brewer Cup. Kopi unggulan dari berbagai negara yang mengikuti Specialty Coffee Expo 2024 atau SCE, disajikan dan di uji rasa dan kualitasnya oleh beberapa juri pakar kopi, Indonesia menempati urutan ke tiga.

Ryan Wibawa, Juara Dunia di Specialty Coffee Expo 2024 di Amerika Serikat

Photo :
  • Yanri Subekti/tvone/chicago
Lestarikan Kerajinan Lokal, UMKM Binaan MIND ID Ramaikan HUT Dekranas

Menurut Ryan Wibawa, yang mewakili Indonesia dalam ajang kompetisi, yang merupakan bagian dari rangkaian SCE tersebut, kriteria penilaian meliputi uji kualitas kopi yang meliputi aroma, fragrance, rasa dan tingkat keasaman serta bagaimana presentasi dan penyajiannya di hadapan beberapa juri. Kompetisi tersebut diikuti oleh perwakilan dari puluhan negara peserta SCE yang mengirimkan berbagai produk produk unggulan mereka.

SCE merupakan  salah satu ajang pameran dan promosi kopi unggulan dari berbagai negara, di kawasan Amerika Utara. Salah satu ajang expo terbesar dunia ini tiap tahun di gelar, untuk mempertemukan produsen, pelaku usaha kopi dengan pengusaha,  importir kopi dari Amerika Serikat, Kanada dan negara lain.

Tanggapan Indonesia Halal Watch Atas Penundaan Pemberlakuan Kewajiban Sertifikasi Halal

Tahun ini Indonesia kembali berpartisipasi, dengan mengirimkan 12 UMKM, pelaku usaha kopi dengan berbagai produk kopi unggulan. Paviliun Indonesia menghadirkan kopi Indonesia dari beragam sumber di antaranya Jawa Barat, Jawa Tengah, Gayo, Kintamani, Temanggung, Toraja, Mandailing dan Lampung.

Tiap tahun Indonesia mengikuti SCE yang diikuti pelaku usaha kopi dari berbagai negara dan dikunjungi belasan ribu pengunjung potensial buyer, importir besar kopi. 

Partisipasi indonesia yang di gelar di Mccormick Place, di tepi danau Michigan, merupakan kolaborasi erat antara KBRI Washington DC, Atase Perdagangan di KBRI Washington DC, ITPC Chicago dan Los Angeles yang didukung oleh KJRI Chicago, SCAI,  Bank Indonesia, bni, BRI,
LPEI dan Atase Pertanian di KBRI Washington DC.

SCE selalu menarik minat pengunjung, yang sebagian besar mereka adalah  importir dan pelaku usaha, industri kopi, meskipun mereka di haruskan membayar minimal 200 Dollar Smerika untuk satu hari nya. Ajang ini merupakan sarana  mempertemukan pemain kunci seperti produsen, buyers, penggilingan, packaging dan lain-lain. 

Lapoiran: Yanri Subekti/ tvOne/ Amerika Serikat

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya