Viral! Turis AS Kagum dengan Stasiun dan KRL Jakarta, Sebut Lebih Baik Dibandingkan Subway New York

Ilustrasi KRL.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Jakarta – Seorang turis dan YouTuber asal Chicago, Amerika Serikat, bernama Evan dibuat terkagum-kagum dengan kondisi stasiun dan kereta rel listrik (KRL) di Jakarta. Pengalamannya ini ia bagikan dalam video bertajuk 'I Can't Believe Jakarta, Indonesia's Infrastructure (USA Jealous)' yang di unggah di kanal YouTube That Evan Guy.

Subak dan Jalur Rempah, Inspirasi dari Bali untuk Pengelolaan Air

Dalam video tersebut, laki-laki itu menceritakan pengalaman pertamanya naik KRL dari stasiun Sawah Besar menuju stasiun Cikini. Ia mengatakan terkesan dengan kebersihan stasiun yang jauh lebih baik dibandingkan dengan subway di New York.

“Saya pikir saya akan naik transportasi umum, lihat bagaimana transportasi umum di sini. Wah! Kesan pertama yang baik dan bersih!,” ucap Evan.

Kearifan Masyarakat Bali Sejalan dengan Semangat World Water Forum ke-10

Ilustrasi KRL

Photo :
  • v

Ia pun menyoroti kondisi lantai tangga dan area peron yang bersih, serta tidak ada tikus yang berkeliaran seperti di stasiun subway New York.

Agnez Mo Tampil di Gold Gala 2024 Pakai Batik dan Tusuk Konde Khas Indonesia

"Wow saya belum pernah naik transportasi umum di Jakarta, jadi ini kesan pertama saya, coba lihat tangganya bersih, di New York kamu tidak bisa melihat lantainya karena banyak permen karet, semua orang membuang permen karet di lantai." ujarnya

"Coba lihat, saya tidak melihat ada tikus. Kamu pergi ke stasiun New York, kamu harus berhati-hati di mana ada tinja, tinja radikal, tinja manusia, air seni manusia, dan kemudian tikus. Mereka mungkin akan menyentuh kakimu," sambungnya

Kebersihan dan kenyamanan KRL juga membuat Evan terkesan. Ia tidak merasakan ada orang yang bau di dalam kereta dan anak-anak pun terlihat nyaman berpergian dengan KRL.

Illustration of Indonesian train (KRL).

Photo :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya

Evan juga memuji budaya di KRL di mana seorang pria memberikan kursinya untuk wanita. Menurutnya, hal tersebut merupakan bagian budaya Indonesia yang patut diapresiasi.

"Oh, saya baru saja menyaksikan sesuatu yang luar biasa, dan ini adalah bagian dari budaya Indonesia. Pemuda ini duduk di sini (menunjuk kursi), ketika wanita ini datang, ia langsung berdiri untuknya, sungguh pengalaman yang luar biasa. Membuka mata saya,” ucap Evan sambil mengacungkan jempol.

Secara keseluruhan, laki-laki itu memberikan rating 9 dari 10 untuk kondisi KRL. Ia memuji kebersihan stasiun dan KRL serta adanya toilet umum yang terawat.

Pengalaman positif Evan ini menjadi bukti bahwa Jakarta Memiliki sistem transportasi publik yang maju, nyaman dan patut dibanggakan. Hal ini diharapkan dapat menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke Jakarta dan merasakan sendiri pengalaman naik KRL yang menyenangkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya