Pengangguran 8,1 Juta Jiwa, Apa Saran BPS

Sejumlah pencari kerja sedang antre di bursa kerja.
Sumber :
  • AP Photo/Mark Lennihan

VIVAnews - Indonesia hingga Februari 2011 masih menghadapi kendala pengangguran terbuka mencapai 8,12 juta jiwa atau 6,8 persen dari jumlah angkatan kerja di Indonesia. Menghadapi hal tersebut, Badan Pusat Statistik (BPS) mengusulkan pemerintah memperhatikan sektor industri sebagai pencipta lapangan pekerjaan baru.

Hal tersebut disampaikan Kepala BPS Rusman Heriawan di Jakarta, Kamis, 5 Mei 2011. "Perdagangan itu kan tidak stabil, tiba-tiba hilang, tiba-tiba ada. Sedangkan di industri kan tidak," kata dia.

Rusman mengatakan, sektor industri sangat berbeda dengan pertanian dan perdagangan yang bersifat musiman. Industri dianggap sebagai salah satu sektor yang pertumbuhannya terus berkelanjutan.

Sektor industri juga memiliki prospektif cerah karena memiliki home base dan faktor kontinuitas. "Mereka ada aturan kerja dan rutinitas," kata Rusman.

Data BPS menunjukkan, sektor pertanian, perdagangan, jasa kemasyarakatan, dan sektor industri secara berurutan menjadi penampung terbesar tenaga kerja pada Februari 2011. Pertanian dapat menyerap 42,47 juta pekerja, perdagangan 23,24 juta pekerja, jasa kemasyarakatan 17,03 juta pekerja, dan industri 13,71 juta pekerja.

Laju pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) di sektor industri meningkat sebesar lima persen yakni dari Rp382,1 triliun pada 2010 menjadi Rp417,6 triliun pada 2011.

Sayangnya, BPS menilai laju pertumbuhan ekonomi industri sebesar ini belum cukup untuk sektor industri. "Saya kira, pertumbuhan lima persen ini belum cukup untuk menampung," katanya.

Guna meningkatkan sektor industri ini, Rusman menilai pemerintah sudah seharusnya menganggarkan lebih banyak dana di bidang infrastruktur untuk pembangunannya. Infrastruktur yang membaik akan semakin menarik banyak investor yang tertarik untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

Di tempat terpisah, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa optimistis penyerapan tenaga kerja hingga akhir tahun akan terus meningkat. Hal itu berkaca dari pengalaman 2010, di mana terjadi penyerapan tenaga kerja baru sebanyak 3,3 juta jiwa.

Hatta mengatakan, peningkatan serapan lapangan kerja akan meningkat seiring banyaknya investasi yang masuk. "Meningkatnya itu seiring dengan semakin banyaknya investasi serta diiringi dengan upaya penciptaan lapangan kerja  lebih banyak," ujar dia. (art)

Banyak Berkutat di Zona Degradasi, Arema FC Bersyukur Lolos dari Lubang Jarum
Pemain Timnas Indonesia U-23, Pratama Arhan

Pratama Arhan Jadi Sasaran Bully Netizen, Ibunda Teteskan Air Mata

Pratama Arhan kembali menjadi sasaran bully netizen Indonesia. Di media sosial, bek sayap kiri Indonesia U-23 itu mendapat banyak kritik dan hujatan karena gol bunuh diri

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024