Uni Eropa, Lahan Bisnis Potensial ASEAN

Mendag, Mari Elka Pangestu
Sumber :
  • ANTARA/Reuters-Daniel Munoz

VIVAnews - Negara-negara ASEAN memandang Uni Eropa sebagai mitra bisnis yang potensial untuk meningkatkan perekonomian di kawasan. Untuk itu ASEAN berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama investasi dan perdagangan dengan Uni Eropa.

Hal ini merupakan fokus utama dalam pertemuan ASEAN Economic Ministers (AEM) yang diikuti oleh menteri-menteri keuangan dan perekonomian yang dibuka pagi ini di Jakarta, 6 Mei 2011. Menteri Perdagangan Indonesia Mari Elka Pangestu, sebagai ketua pertemuan tersebut mengatakan bahwa pertemuan ini menindaklanjuti pertemuan sehari sebelumnya dengan para delegasi Uni Eropa.

Pada pertemuan bertajuk 1st. ASEAN-European Union Summit, Kamis, 5 Mei 2011, yang diikuti oleh para delegasi negara-negara Uni Eropa (UE) dan ASEAN, kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerjasama. Pertemuan hari ini, ujar Mari, adalah tindak lanjut dari pertemuan tersebut.

"Kita tidak boleh kehilangan momentum dari pertemuan kemarin," ujar Mari.

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

"Saya kira pertemuan kemarin menandakan kepentingan yang kuat dan terus berkembang dalam upaya meningkatkan kerja sama di ASEAN dan Uni Eropa," lanjutnya lagi.

Pertemuan UE dengan ASEAN Kamis, menghasilkan kesepakatan peningkatan pada lima bidang utama. Lima bidang tersebut adalah agrobisnis, infrastruktur, kesehatan, otomotif dan jasa-jasa.

Pada pembukaan AEM tersebut, Mari kepada para delegasi juga menyampaikan perkataan Komisioner Perdagangan Uni Eropa, Karel de Gucht, yang hadir dalam pertemuan Kamis. Kepada Mari, de Gucht mengatakan bahwa ASEAN adalah salah satu prioritas UE dalam bidang ekonomi.

"Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk merumuskan langkah ke depan dan meningkatkan kerja sama yang komprehensif dengan Uni Eropa, yang merupakan mitra dagang dan investasi terbesar kedua ASEAN," ujarnya.   

Selain membicarakan masalah kerja sama perdagangan dan investasi dengan UE, para delegasi juga akan membicarakan peningkatan kerja sama energi, terutama green energy.

"Saya berharap hubungan ASEAN dan Uni Eropa dalam bidang green technology dapat ditingkatkan. Pertemuan ini semoga dapat mengeksplorasi kerja sama ASEAN dan Uni Eropa dalam bidang ini," ujar salah seorang delegasi dari Vietnam.

PT Freeport Indonesia (PTFI) teken Perjanjian Kerja Bersama (PKB) PTFI periode 2024-2026 bersama tiga Ketua Serikat Pekerja/Serikat Buruh (dok: Freeport)

Manajemen dan Serikat Pekerja Freeport Teken PKB, Menaker: Bisa Jadi Contoh bagi Perusahaan Lain

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas bersama tiga Ketua Serikat Pekerja/Serikat Buruh PTFI menandatangani Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024