Asean Infrastructure Fund Beroperasi 2012

Agus Martowardojo
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Negara-negara ASEAN sepakat membuat Lembaga Pembiayaan Infrastruktur ASEAN atau Asean Infrastructure Fund yang rencananya tahun depan sudah dapat beroperasi.

Menurut Menteri Keuangan (Menkeu), Agus Martowardojo, dalam KKT ASEAN Summit ke-18 kemarin, salah satu yang dilaporkan dalam Asean Finance Minister yaitu mengenai kesiapan menyusun Asean Infrastructure Fund.

Agus menambahkan, lembaga tersebut merupakan bentuk kerja sama negara-negara ASEAN bersama Asian Development Bank/ADB yang akan membuat suatu pendanaan untuk mendukung pembiayaan infrastruktur dengan total dana sebesar US$480 juta.

"Asean Infrastructure Fund itu kita harapkan akhir 2011 ini sudah bisa diformalkan, sehingga tahun 2012 sudah dapat beroperasi," kata Menkeu di Kantor Dirjen Kekayaan Negara, Senin 9 Mei 2011.

Melalui Asean Infrastructure Fund, Agus menuturkan, nantinya diharapkan terwujudnya Asean Inter Conectivity. Indonesia juga akan berusaha untuk menjaga konektivitasnya agar selaras dengan konektivitas ASEAN.

Selain membahas mengenai pendanaan infrastruktur, menurut Menkeu, dalamĀ  Asean Finance Minister Meeting juga melaporkan mengenai perkembangan ekonomi, kesepakatan ASEAN untuk lebih berkoordinasi dalam menjaga stabilitas ekonomi makro dan upaya menjaga ketahanan pangan.

"Juga dibicarakan tentang bagaimana percepatan Asean Economic Community 2015, khususnya di bidang keuangan mulai dari pasar modal, asuransi sampai kepada semua aspek keuangan, termasuk pajak dan bea cukai," kata Menkeu. (eh)

Sederet Selebriti yang Jadi Bridesmaid Pernikahan Mahalini dan Rizky Febian
Eks Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri) di acara Rakornas PAN di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Jumat, 10 Mei 2024

Khofifah Tak Setuju Wacana Kemensos dan KemenPPPA Digabung

Mantan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan dirinya tidak setuju dengan wacana penggabungan Kementerian Sosial (Kemensos) dan Kementerian Pemberdayaan

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024